Warga Garut Digegerkan Temuan Ular Piton 3 Meter di Kandang Ayam

Senin, 07 Agustus 2023 - 08:45 WIB
loading...
Warga Garut Digegerkan Temuan Ular Piton 3 Meter di Kandang Ayam
Seorang petugas Damkar Garut mengevakuasi ular piton sepanjang 3 meter dari kandang ayam milik warga di Kampung Cilemah, Desa Cinta Asih, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Senin (7/8/2023) dini hari. Foto/Tangkapan layar/Damkar Garut
A A A
GARUT - Seekor ular piton dengan panjang 3 meter danberat 14 kilogram menggegerkan warga Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (7/8/2023) dini hari. Ular tersebut ditemukan di dalam sebuah kandang ayam milik warga Kampung Cilemah, Desa Cinta Asih.

Pasalnya, ular piton ini diketahui telah memangsa seekor ayam dewasa di dalam kandang. Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Garut pun dikerahkan ke lokasi untuk mengevakuasi ular tak berbisa tersebut.

Wakil Komandan Regu 2 Dinas Damkar Garut Ade Sukmana menjelaskan pihaknya tidak kesulitan menangkap ular yang diperkirakan memiliki panjang sekitar 3 meter tersebut. Sebab, petugas sudah dilengkapi grab stick atau snake hook saat mengevakuasi ular yang masuk ke dalam famili Pythonidae itu.

"Ular ini memiliki panjang kurang lebih sekitar 3 meter dengan bobot seberat 14 Kg," kata Ade Sukmana kepada awak media, Senin (7/8/2023).

"Ular ini tidak berbisa, tapi dapat menyebabkan kerugian karena dapat memangsa hewan ternak milik warga," tambahnya.



Proses evakuasi ular piton berlangsung sekira pukul 03.34 WIB. Ade menjelaskan keberadaan ular piton dalam kandang ayam ini semula dikira warga sebagai aksi maling yang sedang mencuri.

Saat dilakukan pengecekan, suara mencurigakan yang menarik perhatian bersumber dari kandang sekitar rumah. Benar saja, dari dalam kandang didapati seekor ular tengah memangsa ternak unggas milik warga.

Evakuasi ular piton ini setidaknya terekam dalam sebuah video berdurasi 29 detik yang tersebar di media sosial. Warga Kampung Cilemah yang menyaksikan proses evakuasi ular tampak ketakutan saat melihat ular berhasil ditangkap petugas.

Petugas Dinas Damkar Garut lalu memasukan ular piton itu ke dalam karung yang telah disiapkan. Ular kemudian dibawa ke Mako Dinas Damkar Garut untuk selanjutnya dikembalikan ke alam bebas.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)