alexa snippet

Pemerintah Didorong Bentuk Cyber Army Hadapi Perang Cyber

Pemerintah Didorong Bentuk Cyber Army Hadapi Perang Cyber
Anggota Komisi I DPR Sukamta. (Okezone)
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah didorong segera membentuk tentara cyber (Cyber army) untuk menghadapai tren perang cyber yang melanda sejumlah negara belakangan ini.

Anggota Komisi I DPR Sukamta mengatakan, pembentukan cyber army dibutuhkan dan sejalan dengan pembentukan Badan Cyber Nasional (BCN).

"Seharusnya kita ini juga punya cyber army. Itu yang diusulkan teman-teman DPR dalam rapat-rapat Komisi I," ujar Sukamta saat dihubungi Sindonews, Senin (9/1/2016).

Sekretaris Fraksi PKS ini menuturkan, ke depan instalasi-instalasi vital negara, seperti pembangkit listrik, sistem lalu lintas, hingga sistem transaksi keuangan, akan dikendalikan secara digital.

Karenanya, lanjut Sukamta, pemerintah memiliki kepentingan membentuk BCN untuk mengantisipasi serangan para hacker terhadap instalasi penting.

Serangan cyber terhadap instalasi vital negara pernah dialami Ukraina. Politikus PKS ini menyebutkan, serangan tersebut dilakukan oleh Rusia.

"Coba misalnya nanti di Indonesia listrik mati, dimatikan oleh hacker selama lima jam. Ada berapa transaksi ekonomi rugi dan masyarakat menderita," tutur Sukamta.



(kri)
views: 4.002
loading gif
Top