Inilah Perbedaan Tahajud dan Qiyamul Lail

Minggu, 06 Agustus 2023 - 13:31 WIB
loading...
Inilah Perbedaan Tahajud dan Qiyamul Lail
Qiyamul Lail artinya menghidupkan malam atau mendirikan malam dengan ibadah, dan salat Tahajud termasuk bagian dari salat sunnah Qiyamul Lail ini. Foto ilustrasi/sit
A A A
Ada perbedaan antara tahajud dan Qiyamul Lail yang perlu diketahui umat muslim agar tidak keliru dalam memaknainya. Qiyamul Lail artinya menghidupkan malam atau mendirikan malam dengan ibadah. Lalu bagaimana dengan Tahajud?

Dalam Buku "33 Macam Jenis Shalat Sunnah", Ustaz Muhammad Ajib Lc menjelaskan ibadah apapun yang dilakukan pada malam hari seperti salat tahajud, salat tarawih, salat witir, salat hajat dan lainnya disebut dengan Qiyamullail.

Sedangkan Tahajud adalah salat sunnah malam yang dilakukan setelah bangun dari tidur setelah salat fardhu Isya. Salat Tahajjud itu adalah bagian dari Qiyamul Lail. Jadi, istilah Qiyamul Lail ini lebih umum dibanding dengan istilah tahajud.

Namun jika anda salat sunnahnya sebelum tidur maka disebut sebagai salat sunnah mutlaq. Dan salat mutlaq ini juga termasuk bagian dari Qiyamullail jika dikerjakan pada malam hari.

Ustaz Ajib menukil keterangan dari Syekh Nawawi Al-Bantani rahimahullah (wafat 1316 H), seorang ulama besar Mazhab Syafi'i asal Banten) menyebutkan sebagai berikut:

ومن النفل املط ى ق ا ال ل. وإذا كان بعد و ولو يف وقت املغ ب
وبعد فعل العشا تقدميا يرم هتجدا.هناية الزين )ص: 114 )


"Di antara yang termasuk salat mutlaq adalah salat Qiyamullail, jika dilaksanakan setelah tidur maka disebut dengan salat Tahajud walaupun tidurnya di waktu setelah Maghrib dan setelah salat Isya secara jamak taqdim."



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2542 seconds (0.1#10.140)