alexa snippet

Pemerintah Tak Serius Tangani Serbuan Tenaga Kerja Asing

Pemerintah Tak Serius Tangani Serbuan Tenaga Kerja Asing
Ketua Bidang Perburuhan dan Ketenagakerjaan DPP Partai Perindo Wina Armada Sukardi menilai pemerintah belum serius dalam menangani serbuan tenaga kerja asing asal China yang masuk ke Indonesia. Foto/Humas Perindo
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah dinilai tidak serius dalam menangani serbuan tenaga kerja asing asal China yang masuk ke Indonesia. Padahal kehadiran mereka telah mengambil porsi lapangan pekerjaan yang seharusnya diperuntukan bagi tenaga kerja lokal.

”Kehadiran mereka (tenaga kerja asing asal China) telah mengambil porsi lapangan pekerjaan milik pekerja lokal,” kata Ketua Bidang Perburuhan dan Ketenagakerjaan DPP Partai Perindo Wina Armada Sukardi saat dihubungi di Jakarta, Jumat (30/12/2016).

Dia mengatakan, tenaga kerja asing asal China telah membanjiri Indonesia. Padahal jika ditelisik, keterampilan yang mereka miliki berada di bawah pekerja lokal. ”Dominasi mereka bekerja sebagai buruh pabrik hingga jabatan tukang las,” ungkapnya.

Kondisi ini sangat disayangkan lantaran pemerintah dinilai terlalu memberikan kelonggaran sehingga memudahkan tenaga kerja asing masuk ke Indonesia.  ”Ini menunjukkan bahwa penanganan tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia belum maksimal karena tidak ada koordinasi antarinstansi pemerintahan,” sambungnya.

Wina mendesak meminta pemerintah membuat regulasi yang jelas untuk menyelesaikan permasalahan serbuan tenaga kerja asing. Salah satunya dengan membatasi jumlah tenaga kerja asing serta melakukan pembinaan dan pelatihan kepada pekerja lokal.

”Kemampuan pekerja kita harus ditingkatkan. Dengan begitu, Indonesia tidak membutuhkan tenaga kerja asing,” ujarnya.



(poe)
views: 10.023
loading gif
Top