HT Tepati Janji Pulangkan TKI dari Malaysia ke Tanah Air

Kamis, 29 Desember 2016 - 14:34 WIB
HT Tepati Janji Pulangkan TKI dari Malaysia ke Tanah Air
HT Tepati Janji Pulangkan TKI dari Malaysia ke Tanah Air
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) berdialog dengan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berada di shelter Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Malaysia. Para TKI itu pun mencurahkan keluh kesahnya kepada HT.

Hampir semua penghuni shelter tersebut saat ditanya ingin pulang kembali ke Tanah Air, namun mereka ingin agar gajinya dipenuhi terlebih dahulu oleh majikan dan agen-agen yang membawa mereka ke Malaysia.

Seorang ibu asal Sumatera Barat dengan mata berlinang menyampaikan informasi tentang kawannya asal Cianjur yang bertahun-tahun tidak menerima gaji, pindah-pindah majikan dan di bawah ancaman gangster.

Seorang ibu tua asal Jember mengeluhkan dua orang anaknya yang sudah sarjana dan honorer di sebuah sekolah serta bertahun-tahun tidak diangkat, sehingga masih sering minta kiriman uang dari dirinya yang bekerja di Malaysia.

Para TKI tersebut dalam perlindungan KBRI dan tengah dalam penyelesaian terhadap kasus yang dihadapi. Beberapa di antaranya ada yang hamil, ada yang memiliki anak, sakit jiwa dan bermasalah terhadap agen dan majikan karena tidak diberikan gaji. Mereka juga berharap agar di Tanah Air tersedia banyak lapangan pekerjaan sehingga mereka tidak pergi ke Malaysia.

"Saya senang sekali berada di sini. Kami yang datang di sini latar belakangnya macam-macam. Saya pengusaha. Kita sama-sama keluarga besar. Saya harapkan kalau masuk ke Malaysia agar menggunakan agen resmi," kata HT.

Seperti diketahui, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo berjanji, akan memulangkan TKI penghuni shelter KBRI Kuala Lumpur secara gratis. Pria asal Surabaya ini pun menepati janjinya untuk memulangkan 31 TKI ke Tanah Air.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7607 seconds (0.1#10.140)