El Nino Bisa Kurangi Produksi Beras 1,2 Juta Ton, Mentan SYL: Kita Masih Bisa Siapkan

Rabu, 02 Agustus 2023 - 19:52 WIB
loading...
El Nino Bisa Kurangi Produksi Beras 1,2 Juta Ton, Mentan SYL: Kita Masih Bisa Siapkan
Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengantisipasi, efek fenomena El Nino bisa berimbas pada produktivitas di sektor pertanian. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pertanian atau Mentan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, Indonesia akan dilanda fenomena El Nino atau pemanasan suhu muka laut yang bisa berimbas pada produktivitas di sektor pertanian. El Nino akan menyebabkan peningkatan suhu sehingga ada ancaman kekeringan atau ketersediaan air yang menurun untuk beberapa wilayah.

Mentan mengatakan, apabila El Nino terjadi dan melanda Indonesia maka ada potensi pada penurunan produksi padi sebesar 300 - 1,2 juta ton. Hal itu diakibatkan karena lahan pertanian kurang produktif akibat kekurangan air.

"Meski El Nino datang, sepanjang semua Bupati dan Gubernur sama-sama mempunyai niat yang sama untuk menghadapi El Nino ini kita bisa selesaikan. Kemungkinkan kekurangan atau produksi yang terimbas El Nino itu sekitar 300 ribu ton sampai 1,2 juta ton, itu bisa kita siapkan," ujar Mentan SYL di Istana Presiden, Rabu (2/8/2023).

Sambung Mentan menjelaskan, saat ini pihaknya telah mempersiapkan setidaknya 500 ribu hektare di beberapa provinsi untuk menggenjot produksi padi untuk menjaga ketahanan pangan masyarakat. Mengingat padi merupakan komoditas yang juga cukup banyak membutuhkan air.

"Bapak Presiden memerintahkan berapa sih yang terjelek terjadi karena El Nino itu. El Nino kekeringan dan kekeringan membawa air yang terbatas, cukup membuat produktivitas pasti menurun. Kita akan siapkan 500 ribu hektare untuk antisipasi El Nino," lanjutnya.

Disamping itu, menurut Mentan SYL hingga bulan September mendatang Pemerintah masih memiliki kelebihan stok sebanyak 2,1 juta ton. Jumlah tersebut merupakan hasil akumulasi dari produktivitas pertanian setiap bulannya 800 ribu ton hingga bulan September mendatang.

"Oleh karena itu, dari neraca pemerintah yang kami pegang berjalan cukup baik aman sampai Desember. Setiap bulan masih ada panen 800ribu/hektare, itu menghasilkan cukup untuk kebutuhan kita sekitar 2 juta ton perbulan," kata Mentan SYL.

"Walaupun dalam kenyataan hari ini tentag El Nino yang digambarkan tentang panas dan lain-lain, saya habis cek beberapa waduk kita yang besar ternyata airnya masih cukup, dan damdam besar itu bisa bertahan sampai enam bulan tanpa hujan pun," tukasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1489 seconds (0.1#10.140)