6 Masalah Hukum yang Dihadapi Mantan Presiden AS Donald Trump

Sabtu, 29 Juli 2023 - 20:42 WIB
loading...
6 Masalah Hukum yang Dihadapi Mantan Presiden AS Donald Trump
Mantan Presiden AS Donald Trump menghadapi 6 skandal yang berkaitan dengan urusan hukum. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tetap optimistis dengan perebutan nominasi calon presiden dari Partai Republik. Dia menyakini bahwa dirinya mampu mengalahkan Presiden AS Joe Biden yang akan kembali bertarung pada pemilu 2024.

Meskipun percaya diri, Trump menghadapi serangkaian skandal hukum yang menjeratnya. Itu menjadi penghalang utama baginya untuk melaju dalam pertarungan menuju Gedung Putih.

Berikut adalah 6 masalah hukum yang dihadapi mantan Presiden AS Donald Trump, calon presiden dari Partai Republik tahun 2024. Trump, 77, menyangkal semua tuduhan tersebut.

1. Serangan Gedung Capitol

6 Masalah Hukum yang Dihadapi Mantan Presiden AS Donald Trump

Foto/Reuters

Jaksa Agung AS Merrick Garland sedang menyelidiki peran Trump dalam tindakan seputar kekalahannya dalam pemilihan presiden 2020 yang berpuncak pada serangan mematikan pendukung Trump di US Capitol pada 6 Januari 2021.

Trump mengatakan pengacaranya bertemu pada hari Kamis dengan pejabat Departemen Kehakiman AS, sebagai tanda dakwaan akan segera datang.

Trump mengatakan di platform Truth Social bahwa Departemen Kehakiman belum memberi tahu pengacaranya kapan tindakan itu mungkin dilakukan.

Para pejabat bersaksi bahwa selama bulan-bulan terakhirnya menjabat, Trump menekan mereka dengan klaim penipuan pemilih palsu.

Penyelidikan federal juga memeriksa plot untuk menyerahkan daftar pemilih palsu untuk memblokir anggota parlemen AS untuk mengesahkan kemenangan Biden.

2. Penyimpanan Dokumen Rahasia Negara

Trump mengaku tidak bersalah di pengadilan federal pada 13 Juni di Miami atas tuduhan bahwa dia secara tidak sah menyimpan dokumen keamanan nasional rahasia ketika dia meninggalkan jabatannya pada tahun 2021 dan berbohong kepada pejabat yang berusaha memulihkannya.

Sidang dijadwalkan pada 20 Mei 2024.

Trump dituduh mempertaruhkan rahasia nasional dengan membawa ribuan dokumen sensitif bersamanya ketika dia meninggalkan Gedung Putih pada Januari 2021 dan menyimpannya secara sembarangan di perkebunan Mar-a-Lago Florida miliknya dan klub golf New Jersey miliknya, menurut laporan tersebut. dakwaan.

Foto-foto yang termasuk dalam surat dakwaan menunjukkan kotak-kotak dokumen yang disimpan di panggung ballroom, di kamar mandi, dan berserakan di lantai ruang penyimpanan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)