Gempa Aceh, Mensos Sempat Ikut Masak di Dapur Umum

Kamis, 15 Desember 2016 - 15:56 WIB
Gempa Aceh, Mensos Sempat Ikut Masak di Dapur Umum
Gempa Aceh, Mensos Sempat Ikut Masak di Dapur Umum
A A A
JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) membuat posko induk di Desa Deah Pangwa, Kec Trienggading, Kabupaten Pidie Jaya. Posko tersebut merupakan pusat pengendalian operasional penanganan pengungsi, pusat data dan informasi korban bencana, pusat layanan psikososial bagi kelompok rentan (anak-anak, ibu hamil, lansia dan disabilitas).

Melalui siaran pers yang diterima SINDOnews, Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa meninjau posko tersebut memantau proses pengolahan data terpilah berdasarkan by name by address, jenis kelamin, kelompok rentan, pendidikan dan status kerusakan rumah, serta kondisi psikososial (trauma). Seluruh pendataan dilakukan oleh tim Kemensos yang terdiri dari unsur Tagana, tim dukungan psikososial, tenaga kesejahteraan sosial anak (TKSK) dan pendamping program keluarga harapan (PKH).

Khofifah juga meninjau dapur umum lapangan (dumlap) taruna siaga bencana (tagana). Khofifah ketika itu langsung disambut ibu-ibu yang tengah menyiapkan sarapan pagi untuk tim lapangan Kemensos.

Pada kesempatan itu Khofifah ikut menumis sayuran di wajan besar. "Kita masak apa hari ini?" tanya Khofifah kepada ibu-ibu yang tengah meracik bumbu masakan, Kamis (15/12/2016).

Pertanyaan Khofifah ini langsung dijawab ibu-ibu yang ada dilokasi. Para ibu menjawab menu yang dimasak adalah pliek ue, gulai khas Aceh. (Baca: Tiba di Aceh, Jokowi Langsung Pimpin Rakor Penanganan Gempa)

Selain itu, dia juga membagikan juz amma dan jilbab kepada anak-anak. Bahkan, Khofifah memakaikan langsung kepada anak-anak di lokasi satu persatu.

Hadir ikut mendampingi Khofifah Indar Parawansa, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial, Harry Hikmat beserta romobongan dari Kemensos. Khofifah bersama rombongan melanjutkan kunjungan ke beberapa posko pengungsi di Pidie Jaya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9170 seconds (0.1#10.140)