Jokowi Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Minggu, 11 Desember 2016 - 20:07 WIB
Jokowi Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
Jokowi Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Silaturahmi bersama 45 kiai sepuh dan Maulid Nabi Muhammad SAW di Graha Gerakan Pemuda (GP) Ansor. Jokowi disambut oleh Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qaumas dan Sekjen GP Ansor Adung Abdul Rahman.

Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, kehadiran Jokowi menjadi momentum positif untuk merekatkan dan menguatkan hubungan antara kalangan umara dan ulama. Melalui silaturahmi ini diharapkan menghasilkan rekomendasi positif bagi bangsa.

“Peran kiai NU dalam mendirikan dan membangun bangsa ini sudah terbukti besar. Petuah-petuah atau nasihat dari kiai tentu terus kita harapkan, khususnya dalam mewujudkan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar Yaqut dalam acara tersebut, Minggu (11/12/2016).

Menurutnya, GP Ansor memandang bahwa persaudaraan anak bangsa belakangan ini berada dalam ancaman. Dia menyebutkan salah satu indikasinya persoalan ujaran kebencian semakin marak di dunia maya maupun di dunia nyata.

Kondisi ini, lanjut dia mengindikasikan adanya problem dalam tiga sektor ukhuwah (Trilogi Ukhuwah) sebagaimana gagasan Achmad Siddiq, yakni ukhuwah Islamiyah, ukhuwah basyariyah, dan ukhuwah wathaniyah.

Dia mengingatkan, jika kondisi ini dibiarkan atau tidak diantisipasi akan semakin membahayakan bangsa. Maka itu, GP Ansor bersama aparat Negara siap menghadapi segala aktivitas atau kelompok yang berupaya merongrong persatuan bangsa. (Baca: Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai Ajang Deradikalisasi)

“Ansor terus mengajak berbagai elemen bangsa untuk menebarkan sikap toleran, cinta damai dan ramai yang merupakan akar budaya bangsa kita,” katanya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8263 seconds (0.1#10.140)