Ormas Berkorelasi dengan ISIS Dinilai Perlu Diwaspadai

Sabtu, 10 Desember 2016 - 14:45 WIB
Ormas Berkorelasi dengan ISIS Dinilai Perlu Diwaspadai
Ormas Berkorelasi dengan ISIS Dinilai Perlu Diwaspadai
A A A
JAKARTA - Dugaan adanya korelasi antara kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) ‎dengan organisasi masyarakat (Ormas) di Indonesia dinilai perlu diwaspadai. Menurut Anggota Komisi I DPR Supiadin Aries Saputra, bisa saja ormas di Indonesia memiliki hubungan dengan kelompok ISIS.

"Sangat mungkin (korelasi), karena beberapa teroris yang tertangkap merupakan jaringan ISIS," ujar Supiadin saat dihubungi wartawan, Sabtu (10/12/2016).

Kendati demikian, kata dia, intelijen yang memiliki data dan informasi valid tentang kemungkinan ‎kelompok ISIS memiliki hubungan dengan ormas di Indonesia. Namun, kewaspadaan harus ditingkatkan, mengingat ada yang mendukung ISIS secara terbuka, walaupun hal itu hak dari suatu ormas.‎

"Memang di medsos (media sosial) sudah ada tulisan maupun video tentang ISIS yang beredar, tapi belum bisa dipastikan korelasinya dengan Ormas di Indonesia," paparnya.

Dia menegaskan, ‎bagaimanapun juga ISIS tidak boleh berkembang di Indonesia. Sebab, ideologinya menyimpang dari ajaran Islam. Maka itu, aparat TNI, Polri maupun Badan Intelijen Negara (BIN) perlu mengambil langkah serta tindakan tegas.‎

"Perlu kita ketahui bahwa ISIS itu dalam aksi terornya selalu menyimpang dari ajaran Islam. Oleh karena itu, ISIS tidak boleh hidup di Indonesia karena radikalismenya," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9252 seconds (0.1#10.140)