Ingin Jadi Aktor Sukses? Ini 14 Kampus dengan Jurusan Perfilman Favorit

Rabu, 26 Juli 2023 - 09:21 WIB
loading...
Ingin Jadi Aktor Sukses? Ini 14 Kampus dengan Jurusan Perfilman Favorit
Institut Seni dan Budaya Indonesia Bandung menjadi salah satu universitas di Indonesia yang membuka jurusan perfilman berjumlah tiga fakultas. Foto/quipper
A A A
JAKARTA - 14 universitas di Indonesia ini memiliki jurusan Perfilman terpopuler. Bagi kamu yang berminat untuk masuk ke universitas jurusan perfilman, artikel ini akan memberikan beberapa informasi mengenai kampus terbaik, yang bisa menjadi referensi.

Salah satu jurusan cukup banyak diminati adalah perfilman, dimana kamu bisa belajar banyak hal mengenai dunia film, baik di depan layar maupun belakang layar. Cukup banyak universitas dengan jurusan perfilman terbaik.Dirangkum dari berbagai sumber, ini 14 kampus dengan jurusan Perfilman favorit

14 Universitas Jurusan Perfilman di Indonesia Terbaik

1.Institut Kesenian Jakarta

Berdiri sejak tahun 1970, hingga kini IKJ sudah memiliki 4 fakultas serta 13 program studi dan salah satunya adalah Fakultas Film dan Televisi dengan Program Studi Televisi dan Film. Institut Kesenian Jakarta cukup terkenal, dengan memiliki berbagai alumni yang dikenal sukses pada bidang kesenian, baik sebagai aktor, sutradara maupun produser.

Hanung Bramantyo, Desta, hingga Reza Riri merupakan sedikit dari banyak alumni yang pernah menempuh pendidikan di institut tersebut. Banyak sekali jurusan kesenian yang bisa kamu pilih, disini kamu bisa mengasah berbagai kemampuan, baik dalam bidang fotografi, musik hingga seni peran.

2.Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Bagi kamu bertempat tinggal pada daerah Yogyakarta, tidak perlu jauh-jauh untuk menimba ilmu tentang film. Kamu bisa menjadikan Institut Seni Indonesia Yogyakarta, untuk mendapat banyak ilmu kesenian didalamnya, serta bidang perfilman merupakan salah satunya.

Mendapatkan akreditasi B, Institut Seni Indonesia Yogyakarta sudah memiliki banyak mahasiswa yang tidak hanya berasal dari kota Yogyakarta saja, melainkan dari berbagai daerah di Indonesia.

Jika tertarik untuk mempelajari dunia film, maka kamu bisa memilih Fakultas Seni Media Rekam dengan Program Studi Televisi, akan banyak materi bermanfaat untuk dipelajari.

3.International Design School

Jakarta juga memiliki universitas jurusan perfilman selain IKJ, yaitu terletak pada daerah Jakarta Selatan bernama International Design School, dan bisa menjadi pilihan kampus untukmu. IDS memiliki Program Studi Film, Animasi dan Design, yang akan menjadi tempat menarik bagi kamu untuk mempelajari berbagai hal mengenai dunia film maupun mengenal ilmu desain.

Berbeda dengan kampus lainnya, disini kamu bisa belajar hanya selama satu tahun. Tidak hanya fokus dalam membuat sebuah film, nantinya mahasiswa akan diajarkan untuk menjadi seorang sutradara atau produser, bahkan bagaimana cara pendanaan dan launching.

4.Universitas Padjajaran

Jurusan perfilman pada Universitas Padjajaran memiliki reputasi cukup baik, meskipun bukan universitas bergerak di bidang seni, namun kampus ini cocok untuk kamu pilih.



Nantinya kamu bisa mendaftar di Fakultas Ilmu Komunikasi, dengan Program Studi Televisi dan Film. Akan banyak hal menarik bisa dipelajari, terlebih lagi jika benar-benar menyukai dunia film.

Universitas Padjajaran mendapati peringkat ke-7 tingkat nasional, pada pemeringkatan QS World University Rangking 2022, yang membuktikan bahwa reputasi yang dimilikinya patut dipuji.

5. Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas jurusan perfilman di Indonesia lainnya adalah UPI, terletak pada daerah Sukasari, Bandung dan sudah berdiri sejak tahun 1954 dan menjadi salah satu kampus legendaris. Kampus ini memiliki program studi Film dan Televisi, disini kamu berkesempatan untuk mengulik lebih dalam mengenai bidang ini, juga pastinya akan menarik untuk dipelajari.

Tidak hanya menyediakan program studi mengenai perfilman, UPI juga memiliki program studi lainnya yang menarik, seperti Musik, Desain Komunikasi Visual, Seni Tari dan Seni Rupa. UPI layak untuk masuk ke dalam list universitas pilihanmu, kampus ini mendapat penghargaan dalam Anugerah Diktiristek 2021 pada 13 Januari 2022 lalu.

6. Universitas Bina Nusantara

Kampus ini sudah berdiri sejak tahun 1981, serta pada tahun 2010 lalu Jurusan Film baru saja dibuka. Merupakan pilihan yang tepat, jika kamu memilih BINUS untuk menjadi tempat belajar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)