alexa snippet

Jokowi Sebut Pernyataan Makar Sekadar Mengingatkan Masyarakat

Jokowi Sebut Pernyataan Makar Sekadar Mengingatkan Masyarakat
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (SINDOphoto)
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, ‎pernyataan makar yang disampaikan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian bukan untuk membuat ketakutan di masyarakat. Menurutnya, pernyataan makar itu untuk mengingatkan bahwa negara harus sesuai kontitusi yang berlaku.

‎"Diingatkan seperti itu, bukan karena kondisi negara (genting) apa ndak. Karena kita perlu mengingatkan," ujar Jokowi di beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Jokowi menegaskan, ucapan makar yang menjadi perbincangan masyarakat untuk mengingatkan bahwa negara telah memiliki pemerintahan yang sah berdasarkan kontitusi melalui pemilihan umum, baik pemilu kepala daerah, pemilu legislatif dan pemilu presiden dan wakil presiden.

‎"Kenapa ada yang menyampaikan makar, ya untuk mengingatkan bahwa kita ini sudah mempunyai konstitusi yang mengatur," ungkapnya.

Jokowi menambahkan, saluran demokrasi sudah diatur dalam kontitusi melalui hak memilih dan dipilih. Menurutnya, mekanisme itu juga sudah melalui proses yang panjang.

‎"Jadi jangan ada pikiran yang aneh-aneh ke mana-mana. Mengingatkan lagi. Mengingatkan kita semuanya. Enggak ada ke arah-arah yang‎ (aneh)," pungkasnya.



(kri)
dibaca 8.292x
loading gif
Top