alexa snippet

Pengamat Minta Menpan-RB Lebih Kreatif

Pengamat Minta Menpan-RB Lebih Kreatif
Pengamat Minta Menpan-RB Lebih Kreatif
A+ A-
JAKARTA - Rencana pemerintah membuat aturan agar kantor pelayanan publik tetap buka pada Sabtu-Minggu‎ menuai kritikan. Bahkan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur dianggap kurang kreatif atas rencana tersebut.

"Sudah enggak musim kantor pelayanan publik buka Sabtu-Minggu," kata pengamat kebijakan publik Agus Pambagio‎ kepada SINDOnews, Sabtu (19/11/2016).

Dia mengatakan, bank yang buka pada akhir pekan hanya kantor cabang besar. "Kurang kreatif Menpan," ujarnya.

Menurutnya, layanan publik sistem online bisa mengatasi persoalan tutupnya kantor pelayanan publik pada akhir pekan. Masyarakat tidak perlu datang ke kantor pelayanan publik. Layanan publik online juga bisa mencegah praktik pungutan liar (pungli).‎ Dia pun meminta Asman Abnur kreatif.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur menuturkan, layanan publik tidak bisa maksimal salah satunya karena terbentur dengan waktu libur. Padahal, banyak peluang yang bisa dilakukan pada hari libur itu, termasuk pelayanan yang dilakukan akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu.

"Kajian kami masih jalan untuk tidak meliburkan pelayanan publik di hari Sabtu dan Minggu. Makanya pelayanan tidak boleh berhenti," kata Asman ketika ditemui di sela-sela kunjungan ke Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18 November 2016).



(zik)
views: 7.714
loading gif
Top