Mengenal Arti Lampu Indikator di Honda Vario 150

Senin, 17 Juli 2023 - 09:30 WIB
loading...
Mengenal Arti Lampu Indikator di Honda Vario 150
Mengenal arti lampu indikator di Honda Vario 150 penting untuk dipahami. Foto: AHM
A A A
JAKARTA - Mengenal arti lampu indikator di Honda Vario 150 penting untuk dipahami. Sebab, ternyata banyak juga pengguna yang belum paham hal ini. Astra Honda Motor terus meningkatkan fitur dan teknologi pada setiap produk yang mereka buat. Ini dihadirkan untuk memudahkan dan menciptakan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.

Fitur yang memudahkan pengendara mendapatkan informasi adalah adanya fitur indikator yang memberi beraham informasi. Misalnya kecepatan, bahan bakar yang masih tersedia, waktu penggantian oli atau oil change, hingga informasi kondisi system PGM-FI.

Biasanya, deretan lampu indikator menyala ketika pertama kali posisi kontak motor diputar ke On. Lampu indikator tersebut akan mati seketika dan tidak akan menyala apabila tidak terjadi kerusakan pada motor.

Mengenal Arti Lampu Indikator di Honda Vario 150

Beberapa lampu indikator memang didesain untuk memberikan informasi apabila ada yang tidak beres pada motor tersebut. Untuk itu, penting bagi pemilik motor Honda Vario 150 untuk mengenal arti dari lampu indikator yang terdapat pada panel instrumen seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Smart Key System (simbol kunci dengan sinyal)

Indikator ini biasanya terdapat pada sepeda motor yang sudah menggunakan sistem keyless. Simbol ini akan menyala ketika smart key berhasil terdekteksi dan terhubung dengan sepeda motor.

2. Lampu Jauh

Ini merupakan fitur standar yang ada pada setiap kendaraan bermotor. Apabila indikator tersebut menyala, berarti tombol lampu jauh tertekan. Untuk itu, segera pindahkan ke lampu normal agar tidak mengganggu pengguna jalan lainnya.

3. Check Engine

Indikator check engine biasanya menyala apabila terjadi malfungsi pada salah satu sistem komponen mesin. Apabila ini terjadi, maka pemilik harus segera membawa Honda Vario 150 ke bengkel resmi untuk diperiksa secara keseluruhan.

4. Temperatur

Tanda temperatur biasanya memiliki lambang termometer dengan gelombang-gelombang seperti air. Apabila indikator ini menyala, maka mesin dalam kondisi over heat atau suhunya melebihi batas toleransi. Langkah yang perlu dilakukan adalah segera menepi dan matikan mesin, serta membuka kap untuk mengeluarkan suhu panas. Tunggu selama 30 menit apabila ingin menambahkan ciran pendingin ke radiator.

5. Idling Stop System

Indikator ini biasanya ditandai dengan huruf ‘A’ dengan panah yang melingkar. Ini terdapat pada motor-motor Honda. Fitur ini dapat mematikan dan menyalakan mesin secara otomatis. Apabila fitur ini diaktifkan, maka mesin akan mati dengan sendirinya setelah berhenti selama 3 detik. Mesin juga akan menyala secara otomatis hanya dengan memutar knob gas sehingga efisiensi bahan bakar tercipta di momen tersebut.


6. Aki

Simbol satu ini biasanya terdapat pada motor yang sudah tidak memiliki kick starter sehingga untuk menghidupkan mesin hanya ada satu cara, yaitu menekan tombol starter. Untuk itu, produsen menempatkan indikator aki pada Vario 150 untuk memberi informasi jika aki sudah mulai berkurang kinerjanya.

7. Tanda Panah Kiri dan Kanan

Ini merupakan indikator yang sudah familiar, yaitu lambang lampu sein yang terpisah antara kanan dan kiri. Simbol ini akan menyala sesuai dengan tombol yang dihidupkan pengendara Vario 150.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4110 seconds (0.1#10.140)