10 Jurusan IPA yang Dibutuhkan 5 Tahun ke Depan, Hati-hati Jangan Salah Pilih

Rabu, 12 Juli 2023 - 09:18 WIB
loading...
10 Jurusan IPA yang Dibutuhkan 5 Tahun ke Depan, Hati-hati Jangan Salah Pilih
Profesi seorang Teknik Sipil menjadi salah satu jurusan IPA yang diprediksi sangat dibutuhkan 5 tahun kedepan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini jurusan IPA yang diprediksi sangat dibutuhkan 5 tahun ke depan.Dalam memilih jurusan di jenjang perguruan tinggi tentu memerlukan banyak pertimbangan dan juga pemikiran matang.

Di era sekarang ini banyak perusahaan yang mensyaratkan lulusan Strata-1 (S1) atau minimal Diploma 3 (D3) dengan bidang keahlian lebih spesifik untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang layak.

Salah satu jurusan yang banyak dibutuhkan itu adalah yang memiliki latar belakang IPA. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 jurusan IPA yang diprediksi sangat dibutuhkan 5 tahun kedepan.

Jurusan IPA yang Dibutuhkan 5 Tahun ke Depan

1.Jurusan Teknik Perminyakan

Selain teknik sipil, ternyata bidang perminyakan juga cukup menjadi jurusan yang sangat dibutuhkan 5 tahun kedepan.Perlu diketahui bahwa hingga saat ini bidang perminyakan masih akan menjadi primadona karena gajinya yang menggiurkan.

Pembukaan lapangan baru di Cepu dan Ujung Pangkah serta lapangan gas besar di perairan Natuna menjanjikan lapangan kerja yang besar untuk jurusan Perminyakan, Geologi dan Geofisika (Fisika MIPA konsentrasi Fisika Bumi).

Jurusan-jurusan itu masih sangat sedikit, sementara kebutuhan banyak. Jangan takut tidak dapat kerjaan jika kamu menjadi lulusan teknik perminyakan ini, karena permintaan lulusan jurusan ini sangat besar.

2.Jurusan Teknik Sipil

Ini adalah salah satu Jurusan IPA yang Dibutuhkan yang seru jika kamu tipikal orang yang suka membangun.Sebenarnya tidak hanya membangun karena teknik sipil sendiri sebenarnya merupakan jurusan kuliah yang membahas tentang perancangan, pembangunan, sampai pemeliharaan suatu bangunan maupun fasilitas umum.

Mungkin ada dari kamu yang sering bertanya-tanya mengenai perbedaan teknik sipil dan teknik arsitektur, karena bidang pekerjaan keduanya hampir mendekati.



Perlu kamu ketahui bahwa perbedaan antara kedua jurusan tersebut adalah teknik sipil lebih mengajarkan kamu untuk menjadi orang yang akan mengerjakan suatu bangunan yang sudah dirancang oleh seorang arsitektur.

3.Jurusan Matematika

Siapa bilang orang yang kuliah di jurusan matematika cuma bisa jadi guru atau dosen? Faktanya matematika adalah Jurusan IPA yang dibutuhkan.Sesungguhnya tidak selalu demikian.

Jurusan Matematika memang dikenal sebagai momok yang sangat menakutkan bagi sebagian besar orang. Hanya sedikit yang mengetahui bahwa jurusan Matematika ini sebenarnya merupakan disiplin ilmu yang menyenangkan dan cakupannya sangat luas.

4.Jurusan Pendidikan Dokter

Untuk menjadi seorang dokter tentunya dibutuhkan sebuah perjuangan yang sangat kuat, karena jurusan kedokteran ini sangat banyak peminatnya sehingga juga banyak sekali saingannya. Mungkin ada dari kalian yang sudah memiliki cita-cita menjadi dokter sedari kecil.

Namun, nyatanya tidak semua orang yang bercita-cita menjadi dokter bisa melakukannya karena untuk bisa menjadi dokter kamu memerlukan waktu yang lama dan biaya yang cukup besar.Tapi tak perlu khawatir, karena usaha kamu yang berat itu akan terbayarkan mengingat permintaan profesi dokter setiap tahunnya terus meningkat apalagi untuk 5 tahun kedepan.

5.Jurusan Teknik Arsitektur

Arsitektur merupakan jurusan yang mempelajari tentang ilmu yang berhubungan dengan desain, perencanaan dan kontruksi bangunan dengan mempertimbangkan faktor-faktor dan struktur bangunan, estetika dan lingkungan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)