Pimpin Upacara di Monas, Ini Pesan Wakapolri kepada Santri

Sabtu, 22 Oktober 2016 - 13:46 WIB
Pimpin Upacara di Monas, Ini Pesan Wakapolri kepada Santri
Pimpin Upacara di Monas, Ini Pesan Wakapolri kepada Santri
A A A
JAKARTA - Wakil Kapolri Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin memimpin upacara Hari Santri Nasional yang dihadiri 50.000 santri di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (22/10/2016).

Dalam upacara tersebut, Wakapolri mengajak seluruh santri untuk ikut serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Untuk menunjukkan konsistensi peran dari santriwan dan santriwati ada baiknya ikut berperan dalam mendorong setiap ketertiban nasional terlebih dalam menjaga kamtibmas karena seluruh santri berpotensi sebagai calon pemimpin negara," kata Syafruddin di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Sabtu (22/10/2016).

Menurut Syafruddin, kemerdekaan Indonesia yang sudah 71 tahun itu tidak lepas dari perjuangan dan tekad para santri.

Tanpa Resolusi Jihad Nadlatul Ulama (NU), kata dia, Proklamasi akan tercabik kembali oleh tentara NICA. "Sejarah bangsa telah mencatat sejarah panjang NU dalam merebut dan mepertahankan kemerdekaan. Perjuangan itu tidak pernah terwujud jika tidak dilandasai semangat kebaangsaan untuk mendukung bangsa yang besar maju dan modern," tutur Syafruddin.

Melihat peran dan prestasi santri NU, kata dia, sudah sepatutnya santriwan dan santriwati bisa melaksanakan kamtibmas untuk membangun semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

"Mari kita buat sikap saling menghargai, saling jaga toleransi sehingga stabilitas kamtibmas bisa memberikan kesejahteraan pada bangsa Indonesia," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6353 seconds (0.1#10.140)