Jokowi Minta Gubernur Ikut Berantas Pungli

Kamis, 20 Oktober 2016 - 15:28 WIB
Jokowi Minta Gubernur Ikut Berantas Pungli
Jokowi Minta Gubernur Ikut Berantas Pungli
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta para gubernur untuk ikut memberantas pungutan liar (pungli) yang telah merugikan masyarakat

Tidak hanya merugikan masyarakat, pungli dinilai juga menghambat pembangunan nasional. Menurut Jokowi, aksi "sapu bersih" pungli bukan dilihat dari besar dan kecilnya nominal pungli. Namun dampaknya terhadap masyarakat luas.

‎"Misalnya di jalan dicegat dimintai pungutan. Ini pada akhirnya menimbulkan biaya ekonomi tinggi yang akibatnya turunkan daya saing ekonomi indonesia‎," tutur Jokowi di hadapan para gubernur di Istana Negara, Jakarta, Kamis (20/10/2016). (Baca juga: Kesal, Jokowi Minta Pelaku Pungli Kemenhub Dipecat)

Menurut dia, pungli telah menjadi kebiasaan lama yang terkesan permisif. Oleh karena itu dikatakannya perlu penanganan dan tindakan serius. Mantan Wali Kota Solo itu berharap pemberantasan pungli juga dilakukan pemerintah daerah.

Gubernur diminta Jokowi untuk membuat langkah konkret untuk mengatasi pungli. "Dengan keterpaduan itulah kita harapkan operasi pungli ini akan efektif," katanya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6766 seconds (0.1#10.140)