alexa snippet

Antisipasi Pungli, Pengurusan Pindah KTP Lewat Online

Antisipasi Pungli, Pengurusan Pindah KTP Lewat Online
Ilustrasi KTP. Foto/SINDOphoto
A+ A-
PEKALONGAN - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan‎ akan segera meluncurkan sistem aplikasi pelayanan surat pindah.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi pungutan liar (pungli) dalam pelayanan pengurusan data kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Kepala Diskominfo Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso mengatakan, sistem tersebut akan diluncurkan segera pada akhir Oktober 2016.

Namun sambung Sri Budi, selama ini penggunaan sistem aplikasi sudah dicoba di sejumlah kelurahan di Kota Pekalongan.

"Sistem aplikasi ini untuk mempermudah proses pelayanan publik dalam mengurus surat pindah. Baik pindah keluar kota maupun warga yang datang ke sini," kata Sri, kemarin.

Selain itu, dalam pengurusan surat kependudukan secara konvensional warga harus datang ke Disdukcapil Kota Pekalongan dengan sejumlah surat pengantar dari RT hingga Kecamatan.

Namun dengan sistem aplikasi tersebut, warga tidak perlu mendatangi Dispendukcapil setempat. "Sehingga sudah saatnya diperlukan inovasi menggunakan teknologi informasi untuk memudahkannya," ucapnya.

"Jadi melalui teknologi ini akan lebih cep‎at. Sebab warga bisa mengurus melalui rumah secara online," imbuhnya.

Sehingga lanjut dia, masyarakat tinggal mengaksesnya melalui alamat website untuk mengurus surat pindah tersebut.

Setelah itu, warga hanya tinggal ke kelurahan untuk minta dicetak dan disahkan form yang telah diisi melalui internet di rumah.

dibaca 6.462x
halaman ke-1 dari 2
loading gif
Top