Pengamat: Erick Thohir Cawapres Unggulan Mampu Jadi Magnet Suara Pilpres 2024

Rabu, 05 Juli 2023 - 15:02 WIB
loading...
Pengamat: Erick Thohir Cawapres Unggulan Mampu Jadi Magnet Suara Pilpres 2024
Peneliti Senior Surabaya Survei Center Surokim Abdussalam menilai Menteri BUMN Erick Thohir termasuk salah satu cawapres yang mendapatkan dukungan merata. Foto/SINDOnews
A A A
SURABAYA - Peneliti Senior Surabaya Survei Center Surokim Abdussalam menilai Menteri BUMN Erick Thohir termasuk salah satu calon wakil presiden (cawapres) yang mendapatkan dukungan merata dari semua kalangan masyarakat untuk Pilpres 2024 mendatang.

Ia mengatakan jika dilihat secara statistik dan demografi, dukungan kepada menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut merata di wilayah pedesaan dan perkotaan.

“Kalau dibaca secara statistik dan demografi itu menarik, berarti sebenarnya Pak Erick Thohir itu dukungannya merata itu, baik dari pendukung di perkotaan ataupun di pedesaan,” kata Surokim dalam keterangannya, Rabu (5/7/2023).



Selain itu, Erick Thohir juga merupakan sosok cawapres yang diterima di semua segmentasi masyarakat. Maka dari itu, peluang Erick Thohir untuk maju pada pesta demokrasi tahun depan sangat besar.

“Artinya penerimaan terhadap Pak Erick Thohir itu hampir merata di semua segmen dan saya pikir itu juga akan membuat daya saing beliau untuk menjadi cawapres meningkat,” terang Surokim.

Merujuk pada survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia pada 26-30 Mei 2023 silam, dukungan kepada Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu berasal dari berbagai segmen pekerjaan di masyarakat.

Pemilih yang memiliki pekerjaan sebagai petani, peternak, dan nelayan kompak memberikan suara sebesar 19,1 persen.



Kemudian, pada bidang pekerjaan seperti, pengusaha, kontraktor, wiraswasta serta yang memiliki usaha seperti toko/grosir, memberikan dukungan kepada Erick Thohir dengan keseluruhan mencapai 23,7 persen.

Kemudian, pada masyarakat yang berlatar belakang seperti pegawai, guru/dosen, dan profesional, kompak memberikan suaranya kepada Erick Thohir dengan persentase 18,2.

Surokim menegaskan menuju kontestasi demokrasi 2024 mendatang, banyak tantangan serta kendala yang akan dihadapi oleh semua capres-cawapres. Secara obyektif, ia yakin menteri andalan Presiden Jokowi tersebut cukup kompetitif untuk bertarung pada pesta rakyat 5 tahunan tersebut.

“Tapi kan untuk menjadi cawapres itu kan kompleks ya, tapi saya pikir secara obyektif dan teknis memperlihatkan Erick Thohir cukup kompetitif,” ujar Surokim yang juga Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2345 seconds (0.1#10.140)