Siap Menghadapi Ancaman Pertempuran Darat, India dan China Andalkan 3 Jenis Tank Ringan

Selasa, 04 Juli 2023 - 06:16 WIB
loading...
Siap Menghadapi Ancaman Pertempuran Darat, India dan China Andalkan 3 Jenis Tank Ringan
India dan China membeli dan mengembangkan tank ringan untuk bersiap dalam ekskalasi konflik di perbatasan. Foto/Reuters
A A A
NEW DELHI - Tiga tahun setelah bentrokan mematikan pertama di perbatasan Himalaya yang disengketakan India dan China dalam beberapa dekade, kedua negara tersebut tetap tegang.

Negosiasi berulang selalu gagal. Tentara China dan India terluka dalam perkelahian lain di bulan Desember. Kedua negara terus membangun kekuatan militer dan infrastruktur di sekitar titik panas di perbatasan.

Bagian penting dari konflik tersebut adalah pengerahan tank ringan China, yang dapat bermanuver dengan baik di daerah pegunungan dan menyebar dengan cepat dalam jumlah besar. Kehadiran mereka telah mengungkap kekurangan dalam persediaan lapis baja militer India, yang sangat bergantung pada tank tempur utama yang berjuang di ketinggian.


Berikut adalah 3 jenis kendaraan tempur yang dibeli India dan dikembangkan China untuk menyiapkan diri ketika terjadi perang antar kedua negara.

1. Tank Ringan

Siap Menghadapi Ancaman Pertempuran Darat, India dan China Andalkan 3 Jenis Tank Ringan

Foto/Reuters

Tank ringan dimaksudkan untuk memberikan dukungan langsung kepada infanteri melawan posisi musuh. Desain tank tersebut menekankan pada kecepatan dan kemampuan manuver dengan dengan fokus pada daya tembak.

Ketertarikan pada tank ringan tumbuh dan tidak terbatas pada India dan China — AS dan Jepang juga berinvestasi kembali dalam konsep tersebut. Tetapi kebutuhan China dan India sangat jelas, karena medan yang memisahkan mereka sangat sulit untuk tank tempur utama.

Hal ini dibuktikan pada tahun 2020 dan 2021, sebagai akibat dari bentrokan perbatasan yang mematikan di Ladakh yang menewaskan 20 tentara India dan setidaknya empat tentara China, kedua negara mengerahkan unit lapis baja ke bagian Himalaya dengan ketinggian 11.000 kaki atau lebih.

Insider melaporkan, tekanan udara rendah di ketinggian tersebut menghambat kinerja mesin tank, dan suhu beku memaksa tentara untuk menyalakan kendaraan lapis baja mereka hingga 30 menit setiap dua atau tiga jam untuk mencegah komponen mesin membeku. Kendaraan yang lebih berat juga bermasalah dengan medan.

Terlepas dari kesulitan untuk kendaraan lapis baja, tidak ada pihak yang mau mengerahkan pasukan ke daerah tersebut tanpa mereka, sebagian besar karena peran penting tank masih dimainkan di medan perang.


2. Tipe 15

Siap Menghadapi Ancaman Pertempuran Darat, India dan China Andalkan 3 Jenis Tank Ringan

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1997 seconds (0.1#10.140)