Di PTUN, Mangasi Situmeang Singgung Intervensi Jaksa Agung

Senin, 19 September 2016 - 16:57 WIB
Di PTUN, Mangasi Situmeang Singgung Intervensi Jaksa Agung
Di PTUN, Mangasi Situmeang Singgung Intervensi Jaksa Agung
A A A
JAKARTA - Mantan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pontianak, Mangasi Situmeang mempertanyakan hasil temuan akhir tim internal apakah murni adanya temuan atau memang ada intervensi dari Jaksa Agung, HM Prasetyo.

Kecurigaan ini muncul adanya pernyataan saksi Inspektur Muda Kepegawaian dan Tugas Umum, Keuangan, Perlengkapan dan Proyek Pembangunan pada Inspektorat I Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejaksaan Agung (Kejagung), Muhammad Amrullah sebagai saksi kedua hari ini di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

"Tadi saksi mengatakan hasil diambil alih oleh Jaksa Agung. Jadi yang tafsirkan hasil pemeriksaan diri saya itu tim atau Jaksa Agung?" ujar Mangasi di PTUN Jakarta, Jakarta Timur, Senin (19/9/2016).

Menanggapi hal tersebut, Amrullah yang duduk di kursi saksi menjawab jika hasil temuan merupakan kerja tim di lapangan. Hasilnya, kata dia, kemudian disampaikan kepada pimpinan teratas.

"Berdasarkan temuan lalu saksi dan alat bukti serta fakta terungkap di lapangan. Baru kami laporkan ke pimpinan teratas kami," ucap Amrullah.

Mangasi ditarik menjadi peneliti di Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Kejagung dengan alasan tidak jelas, setelah tujuh bulan menjadi Kajari Pontianak, Maret–Agustus 2015.

Mangasi menilai Jaksa Agung, kurang bijaksana dalam menelaah laporan terhadap kinerjanya selama menjadi Kepala Kajari Pontianak. Merasa dizalimi, Mangasi Situmeang, menunjuk Yusril Ihza Mahendra sebagai kuasa hukumnya untuk menggugat Jaksa Agung, H.M. Prasetyo ke PTUN Jakarta. (Baca: Mangasi Situmeang Sebut Kasusnya Penuh Konspirasi)

Hakim PTUN Jakarta, mengabulkan gugatan tahap pertama Mangasi Situmeang, Kamis, 18 Februari 2016. Jaksa Agung diperintahkan mengembalikan jabatan Mangasi Situmeang minimal pada level yang sama sebelum dicopot.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8340 seconds (0.1#10.140)