Cegah Kolesterol Naik, Ini Cara Makan Daging Kurban yang Sehat

Kamis, 29 Juni 2023 - 05:30 WIB
loading...
Cegah Kolesterol Naik, Ini Cara Makan Daging Kurban yang Sehat
Cara makan daging kurban yang sehat bantu mencegah kolesterol naik. Seperti diketahui, daging merah bisa menjadi faktor penyebab kolesterol tinggi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara makan daging kurban yang sehat bantu mencegah kolesterol naik . Seperti diketahui, daging merah bisa menjadi faktor penyebab kolesterol tinggi yang dapat memicu masalah kesehatan serius seperti stroke hingga serangan jantung.

Potongan daging kurban atau daging merah tertentu tinggi lemak jenuh, nutrisi yang ketika dikonsumsi secara berlebihan, dapat dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol . Karena itu disarankan untuk mengurangi atau hindari asupan daging merah ketika memiliki kolesterol tinggi .

Daging kurban juga bisa menyebabkan kolesterol ketika sering dikonsumsi dan bersama dengan makanan lain yang berkontribusi pada kolesterol tinggi. Berikut cara makan daging kurban yang sehat untuk cegah kolesterol naik dilansir dari Insider, Kamis (29/6/2023).

Cara Makan Daging Kurban yang Sehat Cegah Kolesterol Naik





1. Hindari Daging Olahan


Dalam studi 2010, para peneliti menemukan bahwa makan setara dengan satu hot dog atau beberapa potong bacon atau daging olahan, dikaitkan dengan risiko penyakit jantung 42 persen lebih tinggi dan risiko diabetes tipe 2 19 persen lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang makan daging mentah.

2. Perhatikan Cara Memasak


Membakar, merebus, memanggang daging merah adalah pilihan yang lebih sehat daripada menggoreng.



3. Makan Porsi Kecil


American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk memilih potongan daging tanpa lemak dan tidak lebih dari 3 ons per hari.

4. Pilih Daging Sapi yang Diberi Makan Rumput


Daging sapi yang diberi makan rumput lebih tinggi asam lemak omega-3 anti-inflamasi. Sementara daging sapi yang dibesarkan di peternakan lebih tinggi asam lemak omega-6, yang dapat menyebabkan peradangan.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)