Konferensi Internasional Parpol Asia ke-9 Dibuka dengan Pukul Gong

Jum'at, 02 September 2016 - 11:03 WIB
Konferensi Internasional Parpol Asia ke-9 Dibuka dengan Pukul Gong
Konferensi Internasional Parpol Asia ke-9 Dibuka dengan Pukul Gong
A A A
JAKARTA - Konferensi Internasional Partai Politik Asia atau The 9th General Assembly of International Conference of Asian Political Parties (ICAPP) resmi dibuka oleh Perdana Menteri Malaysia Dato Seri Najib Razak di Putera World Trade Center Kuala Lumpur pagi ini.
Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali diiringi musik gamelan.

Dalam pidatonya Jumat (2/9/2016) pagi, Najib mendukung pidato pengantar dari President of ICAPP Standing Committee Jose de Venecia Jr untuk mewujudkan One Asia. Meskipun isu One Asia ini tidaklah mudah.

Yang mana Venecia menyatakan, ada banyak sekali tantangan di Asia seperti konflik di Laut China Selatan, panasnya isu nuklir di Semenanjung Korea, masalah terorisme, serta perang di beberapa negara yang menyisakan masalah pengungsi di mana-mana.

Najib pun mengajak parpol-parpol di Asia untuk meningkatkan kerja sama. Ia memberikan contoh pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengembangkan langkah-langkah jangka panjang demi keberlangsungan masyarakat bersama. Hal serupa dapat dilakukan di manapun.

Adanya ICAPP dinyatakan Najib sebagai 'moment of unity for Asian diversities'. ICAPP dapat disebut sebagai organisasi politik terbesar di dunia untuk saat ini, baik dari jumlah negara, jumlah penduduk, maupun keberagaman bahasa, budaya, dan agama.

Utusan Partai Perindo di ICAPP, Wibowo Hadiwardoyo memanfaatkan kesempatan untuk mendiskusikan isu antar negara yang relevan. Dalam pertemuan dengan Wibowo, Anggota Parlemen Singapura Pritam Singh dari Workers Party menyatakan, dapat memaklumi persoalan asap dari Indonesia.

"Masalahnya, membakar merupakan cara termurah untuk membuka lahan," katanya. Sementara beberapa peserta dari Malaysia berharap ada banyak hujan di tahun ini sehingga dapat membantu mengurangi asap.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6046 seconds (0.1#10.140)