Temui Jokowi, MK Bantah Bahas Gugatan Tax Amnesty

Kamis, 01 September 2016 - 16:30 WIB
Temui Jokowi, MK Bantah Bahas Gugatan Tax Amnesty
Temui Jokowi, MK Bantah Bahas Gugatan Tax Amnesty
A A A
JAKARTA - Pimpinan Mahkamah Kont‎itusi (MK) menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara. Dalam pertemuan itu, MK membantah akan membahas masalah pengujian Undang-undang Tax Amnesty yang digugat sejumlah LSM ke MK.

‎"Enggak. Kita enggak akan membahas hal-hal yang berhubungan dengan itu," ujar Ketua MK Arief Hidayat di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (1/8/2016).

Menurut Arief, kedatangannya menghadap Presiden Jokowi untuk melaporkan hasil Kongres MK se-dunia yang telah dilaksanakan di Bali beberapa waktu lalu.

Menurutnya, MK tak akan membahas masalah gugatan Tax Amnesty dengan pemerintah. Sebab, hal itu dikhawatirkan akan mengurangi independensi gugatan Tax Amnesty yang tengah disidangkan.

"Kita harus tetap menjaga independensi dan imparsialitas. Kewenangan MA begini MK begini, presiden begini, itu harus dijaga sesuai konstitusi‎," katanya.

Arief mengaku yakin proses gugatan UU Tax Amnesty akan berlangsung secara ‎transparan dan independen sesuai aturan yang diamanatkan kepada MK. "Bukan (ikuti) selera legislatif, eksekutif atau apa, tapi menurut konstitusi yang benar‎," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5552 seconds (0.1#10.140)