Hadapi Terorisme, BNPT Gandeng MUI

Senin, 29 Agustus 2016 - 19:53 WIB
Hadapi Terorisme, BNPT Gandeng MUI
Hadapi Terorisme, BNPT Gandeng MUI
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius bertemu Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jalan Proklamasi Nomor 45 Jakarta. Pertemuan tersebut membahas persoalan terorisme.

Suhardi Alius mengatakan, pihaknya dan sebagian masyarakat melihat pengaruh dan penyebaran radikalisme di Indonesia semakin luar biasa. Apalagi, kata dia penyebaran paham radikal itu berhubungan dengan konsep agama ataupun akidah yang artinya ada suatu konsep semacam jihad ekstrim.

"Jadi kita mohon bantuan kepada MUI untuk menurunkan para dai-dainya atau ulama-ulamanya untuk membantu kita dalam memberikan pencerahan kepada orang yang terpengaruh radikalisme termasuk kepada keluarga,” ujar Suhardi usai pertemuan tersebut, Jakarta, Senin (29/8/2016).

Menurutnya, peran keluarga juga penting untuk mencegah keluarganya tidak mudah terpengaruh paham radikal, sehingga ada kepedulian kepada keluarga untuk mengawasi putra-putrinya dalam rangka mengatasi radikalisme. (Baca: Menko Polhukam Beberkan Penyelidikan Bom di Medan)

Dia juga memohon kepada para ulama untuk mengambil alih dan bersama-sama dalam melakukan upaya untuk memberikan pencerahan maupun pemahaman agama yang benar kepada masyarakat mengenai persoalan tersebut. “Karena kemampuan anggota kita juga terbatas terhadap pengetahuan agam,” ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9284 seconds (0.1#10.140)