Cegah Kebakaran Hutan, Polri Gaet Dua Kementerian Ini

Jum'at, 26 Agustus 2016 - 05:26 WIB
Cegah Kebakaran Hutan, Polri Gaet Dua Kementerian Ini
Cegah Kebakaran Hutan, Polri Gaet Dua Kementerian Ini
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menggelar pertemuan bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar serta Menteri Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani membahas penanganan kebakaran hutan.

"Intinya terjadi penurunan kebakaran, kemudian terjadi jumlah penangkapan tersangka perorangan meningkat dibandingkan tahun lalu," kata Tito di Mabes Polri, Jakarta, Kamis 25 Agustus 2016.

Menurut Tito, peningkatan penangkapan pelaku pembakaran hutan adalah salah satu faktor penyebab kebakaran hutan menurun. "Ini mungkin salah satu faktor, sehingga jumlah lahan terbakar menurun sangat signifikan," ujar Tito.

Selain faktor tersebut, ada faktor penegakan hukum serta upaya-upaya prefentif yang dilakukan petugas mulai dari Polri, TNI, Pemda dan Kemenhut. "Kerja sama ini cukup efektif, begitu ada informasi mereka langsung bergerak mematikan api," ucap Tito.

Tito menjelaskan, atas pencapaian kerja yang cukup bagus, di Riau Sendiri pelaku pembakaran hutan yang telah ditangkap ada sebanyak 85 orang. Faktor selanjutnya adalah hujan.

"Adanya La Nina, biasanya tahun lalu kemarau panas sekali, sampai hari ini masih banyak hujan, ini membantu kita," tutupnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5544 seconds (0.1#10.140)