Maksimalkan Pengawasan, Bawaslu Gunakan Media Sosial

Rabu, 24 Agustus 2016 - 06:07 WIB
Maksimalkan Pengawasan, Bawaslu Gunakan Media Sosial
Maksimalkan Pengawasan, Bawaslu Gunakan Media Sosial
A A A
BALI - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) berencana menggunakan berbagai media sosial (medsos) untuk membantu proses pengawasan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah.

Melalui media berbagi seperti Youtube dan Google, proses penghitungan di tiap tempat pemungutan suara (TPS) bisa disaksikan melalui gambar atau audio visual sehingga diketahui oleh masyarakat luas.

“Mudah-mudahan seluruh masyarakat Indonesia atau bahkan internasional itu bisa menyaksikan rekaman audio visual proses penghitungan suara itu. Bahkan perolehan dari berita acara dari masing-masing kandidat,” ucap Anggota Bawaslu Nasrullah saat menjadi pembicara Asian Electoral Stakeholder Forum (AESF) III, di Kuta, Denpasar, Bali Selasa 23 Agustus 2016.

Menurut Nasrullah, mekanisme ini juga sejalan dengan sistem informasi yang dimiliki oleh KPU seperti sistem informasi penghitungan (situng).

Cara tersebut dinilainya juga sangat membantu apabila terjadi sengketa hasil pemilu dan pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Jadi kami sekaligus mem-backup dengan cara seperti itu, agar dikemudian hari tidak ada lagi penyimpangan terhadap perolehan suara,” tutur Nasrullah.

Nasrullah menambahkan ke depan dengan adanya sistem seperti ini tahapan penghitungan suara yang selama ini rentan terjadi kecurangan, bisa teratasi.

Kepercayaan masyarakat terhadap jalannya pemilihan diharapkannya bisa tercapai. “Dengan cara itulah maka tingkat transparansi keterbukaan yang diinginkan bisa terwujud,” katanya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6865 seconds (0.1#10.140)