Amalkan Bacaan Ini Sebelum Tidur, Faedahnya Sangat Dahsyat

Rabu, 21 Juni 2023 - 18:25 WIB
loading...
Amalkan Bacaan Ini Sebelum Tidur, Faedahnya Sangat Dahsyat
Istigfhar merupakan amalan ringan yang bisa dibaca sebelum tidur, amalan ini memiliki faedah yang sangat dahsyat yakni Allah akan mengampuni dosa-dosa meskipun sebanyak buih di lautan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Ada amalan ringan sebelum tidur yang faedahnya sangat dahsyat, yakni membaca istighfar . Barangsiapa yang mengamalkannya maka Allah mengampuni dosa-dosanya meskipun sebanyak buih di lautan.

Syaikh Muhammad bin Abu Bakar Ushfury dalam kitabnya "Al-Mawa'izh Al-'Usfuriyah" menukil riwayat dari sahabat Abu Sa'id Al-Khudri radhiyallahu 'anhu. Rasulullah shollallohu 'alaihi wasallam bersabda:

مَنْ قَالَ حِينَ يَأْوِيْ إِلَى فِرَاشِهِ : أَسْتَغْفِرُ اللّٰهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ، ثَلَاثَ مَرَّاتٍ غَفَرَ اللّٰهُ لَهُ ذُنُوبَهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ عَدَدِ وَرَقِ الْأَشْجَارِ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ عَدَدِ رَمْلٍ عَالِجٍ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ أَيَّامِ الدُّنْيَا


Artinya: "Barang siapa membaca sebanyak tiga kali ketika hendak tidur: Astaghfirullaahal-'Azhiim, Alladzii Laa Ilaaha Illaa Huwalhayyul-Qayyuum, wa Atuubu Ilaiih (aku memohon ampunan Allah yang Maha agung, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Dia yang Maha hidup kekal abadi dan terus menerus mengurus makhluk-Nya. Dan aku bertaubat kepada-Nya), maka Allah mengampuni dosa-dosanya meskipun dosa-dosanya itu sebanyak buih di lautan, meskipun sebanyak dedaunan pepohonan, meskipun sebanyak butiran pasir lembut, dan meskipun sebanyak hari dunia."

Muhammad bin Sa'id bin Muhammad berkata, "Aku mendengar Abu Sahl Al-Bukari yang menjadi juru adzan di Masjid Bani Ma'ruf Kota Bukhoro, beliau adalah seorang yang saleh, berkata: Aku melihat Rasulullah SAW dalam mimpi dan aku melihat seseorang berkata, "Ini adalah Sahabat Abu Bakar ada di sisi kanan Nabi dan Sahabat Umar bin Khattab ada di sisi kiri Nabi."

Lalu aku datang ke hadapan Rasulullah SAW, beliau pun berjabat tangan denganku, kemudian sahabat Abu Bakar menjabat tanganku, kemudian Umar menjabat tanganku.Aku bertanya: "Wahai Rasulullah, Abu Mu'awiyah telah menceritakan kepada kami, dari Abdullah bin Al-Walid, dari Athiyyah, dari Sahabat Abu Said Al-Khudri berkata: "Barangsiapa hendak tidur membaca sebanyak 3 kali:

أَسْتَغْفِرُ اللّٰهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ


"Maka Allah mengampuni dosa-dosanya meskipun dosa-dosa itu sebanyak buih lautan, meskipun sebanyak butiran pasir lembut, meskipun sebanyak dedaunan pepohonan, dan meskipun sebanyak bilangan hari di dunia." Aku mengira kalau dikatakan pula: "Meskipun dosa-dosa itu sebanyak tetesan air hujan".

Lalu aku bertanya kepada Rasulullah SAW: "Apakah Hadits ini berasal dari engkau wahai Rasulullah?" Beliau pun memberi isyarat "iya" dengan (menganggukkan) kepala beliau.

Berikut Lafaz Istighfarnya:

أَسْتَغْفِرُ اللّٰهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ


Astaghfirullaahal-'Azhiim, Alladzii Laa Ilaaha Illaa Huwalhayyul-Qayyuum, wa Atuubu Ilaiih.

Artinya: "Aku memohon ampunan Allah yang Maha agung, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Dia yang Maha hidup kekal abadi dan terus menerus mengurus makhluk-Nya. Dan aku bertaubat kepada-Nya."



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3353 seconds (0.1#10.140)