alexa snippet

Anggota Geng Motor Dapat Pelatihan Bela Negara

Anggota Geng Motor Dapat Pelatihan Bela Negara
Ilustrasi (Sindonews)
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Pertahanan (Kemhan) akan memberikan pelatihan Bela Negara kepada anggota geng motor, preman dan penghuni lembaga pemasyarakatan (lapas).

Hal itu diungkapkan Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu saat menggelar Apel Nasional Bela Negara bertajuk Negara Indonesia Tercinta, Kan Kubela Sepanjang Masa di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Selasa 23 Agustus 2016.

Ryamizard menyebutkan, tujuan  program Bela Negara, yakni pertama, memantapkan nasionalisme, wawasan kebangsaan untuk menghadapi dan menangkal paham radikalisme. "Paham radikal yang menakutkan itu, mereka tidak boleh hidup di bumi Indonesia, itu yang kita utamakan," ujarnya. (Baca juga: Menhan Target 100 Juta Kader Bela Negara)

Kedua, memberikan pengertian dan pelajaran mengenai wawasan kebangsaan kepada rakyat Indonesia mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi."Ketiga adalah bagaimana anak-anak kita yang kerap melakukan perkelahian, geng motor itu harus kita berikan pelajaran, kita berikan pelatihan Bela Negara agar mereka tidak berbuat jahat lagi," katanya.

Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan Mayor Jenderal TNI Hartind Asrin mengakui, program Bela Negara akan menyasar anggota geng motor, para preman dan penghuni Lapas. "Bapak Menhan sudah menandatangani Pedoman Penyelenggaraan Bela Negara. Pedoman ini disebarkan ke kementerian dan lembaga, Panglima TNI, KSAD, KSAL dan KSAU yang nantinya mereka bisa membina wilayahnya masing-masing," ujarnya.

Anggapan pelatihan terhadap mereka akan membuat geng motor dan preman semakin brutal, Hartind menilai asumsi itu keliru.

Melalui pelatihan Bela Negara, kata dia, kesadarah mereka untuk mencintai bangsa dan negara akan digugah. Harapannya mereka akan menjadi warga negara yang baik.

"Geng motor, preman, perampok kita sadarkan mereka untuk cinta berbangsa dan bernegara. Mereka harus rela berkorban demi kepentingan negara bukan pribadi. Pelatihan Bela Negara bagi geng motor akan dilakukan di Kodam-Kodam," tuturnya.



(dam)
views: 6.281
loading gif
Top