Peran Pemuda dalam Mewujudkan Masyarakat Madani

Jum'at, 19 Agustus 2016 - 15:07 WIB
Peran Pemuda dalam Mewujudkan Masyarakat Madani
Peran Pemuda dalam Mewujudkan Masyarakat Madani
A A A
JAKARTA - Acara The 2nd Annual Malang International Peace Conference' di Kampus Universitas Islam Raden Rahmat, Kabupaten Malang menghadirkan mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao.

Melalui rilis yang diterima Sindonews, acara bertajuk Building International Peace Network, Xanana menyampaikan pembangunan bisa dicapai jika perdamaian terwujud. Maka itu dirinya mendorong rekonsiliasi serta memfasilitasi demokratisasi, seperti di beberapa negara Afrika sebagai bentuk kontribusi mendorong perdamian dan rekonsiliasi. (Baca: Sumpah Pemuda, Momentum Revitalisasi Peran Strategis Pemuda)

"Timor Leste sebagai bangsa yang merdeka, hari ini berperan serta secara aktif sebagai agensi perdamaian atas berbagai konflik di belahan dunia," ujar Xanana, Jumat (19/8/2016).

Pada kesempatan itu dia juga menekankan pentingnya peran kaum muda dalam mewujudkan perdamaian. Menurutnya kaum muda menjadi asset serta mempunyai peran vital untuk estafet kepemimpinan dan kemampuan dengan jaringan sosial yang hari ini melampaui batas antar negara.

"Kaum muda harus mampu menjaga perdamaian demi melanjutkan peradaban masyarakat madani," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4912 seconds (0.1#10.140)