5 Mitos Konflik Israel-Palestina, Nomor 3 Telah Berperang Berabad-abad

Senin, 19 Juni 2023 - 09:25 WIB
loading...
5 Mitos Konflik Israel-Palestina, Nomor 3 Telah Berperang Berabad-abad
Konflik Palestina dan Israel memiliki banyak mitos. Foto/Reuters
A A A
JERUSALEM - Konflik Israel dan Palestina memiliki banyak mitos yang menimbulkan persepsi di publik. Itu juga menjadi penyebab upaya untuk mencari solusi perdamaian antara kedua pihak tersebut terasa sangat sulit.

Mitos juga menjadi penghalang untuk membangun konsensus dan kesepakatan. Tapi, dunia tetap menilai bahwa Israel adalah penjajah bangsa Palestina. Warga Palestina berjuang untuk menjadi negara merdeka dan mendapatkan kebebasan.

Berikut adalah 5 mitos tentang konflik Palestina dan Israel.

1. Konflik yang Terlalu Rumit untuk Dipahami

5 Mitos Konflik Israel-Palestina, Nomor 3 Telah Berperang Berabad-abad

Foto/Reuters

Ini, dalam banyak hal, adalah kesalahpahaman Israel-Palestina bahwa konflik adalah kekacauan yang sangat rumit yang jauh melampaui penguraian atau pemahaman manusia.

Pada tingkat paling dasar, konflik antara Israel dan Palestina adalah tentang siapa yang mendapatkan tanah apa dan bagaimana tanah itu dikendalikan.

Ya, ada beberapa perincian yang sangat pelik — bagaimana membagi kota Yerusalem, misalnya — tetapi daftar perincian semacam itu tidak terlalu panjang. Dan sementara masalah ini bisa sangat sulit untuk diselesaikan, memahaminya tidak.

Melansir Vox, ada tiga alasan utama mengapa konflik terasa jauh lebih rumit dari yang sebenarnya. Pertama, ini sudah berlangsung selama beberapa dekade, yang merupakan waktu yang lama. Itu berarti menguraikan satu detail berarti membaca banyak sejarah; meskipun sulit untuk mengingat semua informasi itu, ini tidak membuat masalah secara inheren tidak mungkin untuk dipahami atau diselesaikan.

Kedua, masing-masing pihak memiliki narasi konflik yang sangat berbeda, apa yang terjadi, apa yang penting, dan siapa yang memikul tanggung jawab apa. Jadi, Anda akan mendengar banyak informasi yang kontradiktif, yang bisa membingungkan dan melelahkan; efek ini diperparah oleh fakta bahwa wacana publik Amerika juga terbagi menjadi dua narasi.

Ketiga, partisan pro-Israel/pro-Palestina sering mendorong gagasan bahwa konflik itu rumit di luar pemahaman orang luar, atau bahwa itu sangat sederhana.


2. Konflik Adalah Soal Agama

5 Mitos Konflik Israel-Palestina, Nomor 3 Telah Berperang Berabad-abad

Foto/Reuters

Memang benar bahwa orang Israel kebanyakan orang Yahudi dan orang Palestina kebanyakan Muslim, tetapi agama cukup rendah dalam daftar penyebab langsung konflik. Ini bukanlah, terlepas dari apa yang mungkin disarankan oleh guru sekolah dasar Anda, perselisihan antara Yudaisme dan Islam karena perbedaan agama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)