7 Menteri yang Dicopot Tak Hadiri Pelantikan Anggota Kabinet Baru

Rabu, 27 Juli 2016 - 15:16 WIB
7 Menteri yang Dicopot Tak Hadiri Pelantikan Anggota Kabinet Baru
7 Menteri yang Dicopot Tak Hadiri Pelantikan Anggota Kabinet Baru
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik sebanyak 12 menteri hasil perombakan atau reshuffle kabinet kerja jilid II di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/7/2016). Pelantikan terhadap menteri baru dan menteri yang digeser posisinya berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 83/P/2016.

Dari pengamatan Sindonews di lokasi, setidaknya ada tujuh menteri yang dicopot dari jabatannya‎ tidak hadir atau absen dalam pelantikan tersebut. Terlihat hanya mantan Menteri Perindustrian Saleh Husin yang datang. Saleh Husin sendiri diganti posisinya oleh Airlangga Hartanto.

Sementara tujuh mantan menteri yakni Ignasius Jonan, Rizal Ramli, Anies Baswedan, ‎Yuddy Chrisnandi, Ferry Mursyidan Baldan, Marwan Jafar, dan Sudirman Said memilih absen dalam pelantikan tersebut.

Diketahui, Ignasius Jonan yang awalnya menjabat sebagai Menteri Perhubungan (Menhub) resmi dicopot dan digantikan Budi Karya Sumadi. ‎Rizal Ramli digantikan Luhut Binsar Panjaitan selaku Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, dan Anis Baswedan diganti Muhadjir Effendy sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Kemudian, Yuddy Chrisnandi posisinya digantikan oleh ‎Asman Abnur sebagai menteri pemberdayaan aparatur negara dan reformasi birokrasi. Ferry Mursidan Baldan diganti Sofyan Djalil sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional.

Selanjutnya Marwan Jafar digantikan Eko Putro Sanjoyo sebagai menteri desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi. Terakhir Sudirman Said posisinya digantikan Arcandra Tahar sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5462 seconds (0.1#10.140)