Jokowi Ingatkan Perwira TNI-Polri untuk Lebih Responsif

Selasa, 26 Juli 2016 - 17:30 WIB
Jokowi Ingatkan Perwira TNI-Polri untuk Lebih Responsif
Jokowi Ingatkan Perwira TNI-Polri untuk Lebih Responsif
A A A
MAGELANG - Presiden Joko Widodo melantik 720 Perwira Remaja dari Akademi Angkatan dan Akademi Kepolisian (Akpol) yang terdiri atas 221 Perwira Akmil, 91 Perwira AAL, 108 Perwira AAU dan 300 Perwira Akpol.

Pelantikan dilaksanakan dalam upacara Prasetya Perwira TNI-Polri Tahun 2016 di Magelang, Selasa (26/7/2016).

Dalam pembekalan yang diberikan sebelumnya, Presiden Jokowi mengingatkan para perwira soal meningkatnya potensi ancaman terhadap pertahanan negara maupun gangguan kamtibmas seiring dengan kompetisi dan persaingan yang terjadi antarnegara.

Jokowi menyatakan, tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia ke depan tidak ringan.

“Beberapa tantangan yang dihadapi dan perlu perhatian bersama adalah peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, korupsi, terorisme, radikalisme, premanisme, serta konflik dan ketegangan sosial akibat dari intoleransi yang terjadi di tengah-tengah masyarakat,” tutur Jokowi.

Dalam menyikapi tantangan tersebut, Jokowi meminta para perwira TNI-Polri bersikap responsif, peka dan cepat, serta terus meningkatkan kinerja secara profesional.

Tak hanya itu, Jokowi juga meminta para perwira menjadikan kritik dari masyarakat sebagai masukan untuk memperbaiki kinerja TNI dan Polri."Semua itu diperlukan agar para perwira melakukan tugas dengan baik serta mampu mengukir prestasi yang membanggakan,” kata Jokowi.

Jokowi juga menyinggung soal pemerataan pembangunan yang hingga kini belum terwujud. Saat ini, kata Jokowi, konektivitas, hubungan antardaerah belum sepenuhnya terwujud. Tanpa konektivitas ketimpangan wilayah akan terus berlangsung, dan persatuan Indonesia juga tidak akan kokoh.

“Adalah tugas para perwira untuk ikut menjaga, ikut memastikan bahwa konektivitas di Tanah Air segera akan terwujud,” ucap mantan Gubernur DKI Jajarta itu,
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8482 seconds (0.1#10.140)