Fadli Zon: Koperasi Adalah Jalan Politik Kemakmuran Indonesia

Selasa, 12 Juli 2016 - 16:33 WIB
Fadli Zon: Koperasi Adalah Jalan Politik Kemakmuran Indonesia
Fadli Zon: Koperasi Adalah Jalan Politik Kemakmuran Indonesia
A A A
JAKARTA - Hari ini, 12 Juli diperingati sebagai Hari Koperasi Indonesia. Peringatan Hari Koperasi bertolak dari Kongres Koperasi yang digelar kali pertama pada 69 tahun silam di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon menekankan pentingnya peranan koperasi sebagai jalan politik kemakmuran Indonesia.

"Koperasi merupakan jalan politik kemakmuran Indonesia. Menurut konstitusi, koperasi bukan hanya merupakan bentuk 'bangunan' usaha, namun juga 'bangun' usaha yang jika diterjemahkan berarti gagasan tentang 'sistem ekonomi'. Artinya, sistem ekonomi yang digariskan oleh konstitusi adalah sistem ekonomi kerakyatan. Hal ini tertuang jelas dalam Penjelasan UUD 1945 sebelum diamandemen," kata Fadli melalui siaran pers kepada Sindonews, Kamis (12/7/2016).

Menurut dia, UUD 1945 mengamanatkan koperasi adalah gagasan tentang sistem ekonomi, bukan hanya gagasan mengenai badan usaha.

Dalam sistem ekonomi koperasi, kata dia, kemakmuran masyarakat yang diutamakan, bukan kemakmuran orang seorang sebagaimana yang menjadi prinsip dari sistem ekonomi kapitalis.

"Jika kita telaah lebih dalam, koperasi merupakan mandat konstitusional yang menjadi pijakan bagi Indonesia untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat," ujar Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu.

Dia mengungkapkan jika konsep negara kesejahteraan yang banyak diterapkan di berbagai negara Eropa berpijak di atas pilar negara dan swasta, maka gagasan Ekonomi Kerakyatan yang dirintis oleh Mohammad Hatta mencoba menawarkan platform yang berbeda.

Adapun platform itu, yakni pengelolaan ekonomi bersama, atau Bersamaisme dalam wujud sistem ekonomi koperasi.

Dengan sistem ini, peran negara (state), pasar (market), dan masyarakat (public) disinergikan untuk dimuarakan pada kepentingan bersama. "Saat ini kita melihat seakan peran koperasi tidak terintegrasi dalam sistem ekonomi nasional kita. Belum ada sinergitas yang kuat antara negara, koperasi, dan swasta," kata Fadli.

Menurut dia, dalam konstitusi terdapat pesan yang kuat relasi antara negara, koperasi, dan swasta sangat berkaitan erat demi mewujudkan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia.

"Selamat Hari Koperasi Indonesia," ujar Fadli Zon, yang bulan Juni lalu berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Sejarah dari Universitas Indonesia dengan judul disertasi Pemikiran Ekonomi Kerakyatan Mohammad Hatta.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2241 seconds (0.1#10.140)