Gamawan Fauzi Anggap Hasan Basri Durin seperti Mentor

Sabtu, 09 Juli 2016 - 19:07 WIB
Gamawan Fauzi Anggap Hasan Basri Durin seperti Mentor
Gamawan Fauzi Anggap Hasan Basri Durin seperti Mentor
A A A
JAKARTA - Mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menilai sosok dari mantan Menteri Agraria almarhum Hasan Basri Durin merupakan tokoh yang berjasa bagi Sumatera Barat.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Gubernur Sumatera Barat pada tahun 2005-2009 itu menyebutkan alasan almarhum Hasan Basri merupakan sosok yang luar biasa.

"Beliau adalah tokoh dari Sumatera Barat, ayah dari anak-anaknya, kakek dari cucu-cucunya. Beliau adalah tokoh Minangkabau yang berjasa, orang yang hebat, tokoh yang luar biasa pada kemajuan daerahnya yaitu daerah Sumatera Barat, dan lebih khususnya di Kota Padang," kata Gamawan di Kediaman almarhum Hasan Basri di Pancoran Indah, Jakarta selatan, Sabtu (9/7/2016).

Gamawan menuturkan, bahwa sosok Hasan Basri merupakan seorang yang konsisten. Hasan Basri juga dianggap idealis serta teguh pendirian pada setiap tindakan dan keputusan.

"Karena beliau pernah memimpin Kota Padang lebih dari dua belas tahun. Menjadi Gubernur Sumatera Barat lebih dari 10 tahun. Beliau adalah seorang tokoh yang konsisten, mempunyai idealisme dan teguh dalam pendirian."

"Pak Hasan ini sangat serius jika memikirkan sesuatu. Dalam pembangunan Kota Padang, beliau sangat berpengaruh," tambahnya.

Gamawan menyebut, semasa hidupnya Hasan Basri banyak membantunya. Dia banyak belajar dari sosok almarhum Hasan Basri. "Dan saya seorang staf beliau yang lama mengabdi, dengan beliau. Saya saat itu sebagai bupati, dan beliau sebagai gubernur. Tapi sebelum itu saya sespri beliau," tandasnya.

Ditambahkannya, almarhum Hasan Basri jika sudah mengambil keputusan, tetap teguh dengan pendiriannya. Pasalnya, Hasan basri selalu memikirkan dengan matang sebelum mengambil sebuah keputusan.

"Beliau itu sangat konsisten, dan beliau itu akan menanggung apapun risiko dari suatu hal. Beliau adalah seorang yang patut kita teladani," tandasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4993 seconds (0.1#10.140)