28 Deretan Penghargaan di Dada Kiri Jenderal Dudung Abdurachman

Kamis, 08 Juni 2023 - 06:30 WIB
loading...
28 Deretan Penghargaan di Dada Kiri Jenderal Dudung Abdurachman
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman total memiliki 38 penghargaan berupa brevet, wing, maupun pin dari dalam dan luar negeri. Foto/tniad.mil.id
A A A
JAKARTA - Nama Jenderal TNI Dudung Abdurachman seperti tidak pernah lepas dari perbincangan publik. Sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), hampir setiap kebijakan, sikap, serta pernyataan Dudung kerap mencuri perhatian masyarakat, baik yang merespons positif maupun negatif.

Dudung yang akhir tahun lalu memperoleh gelar doktor dari Univeritas Trisaksi Jakarta, belum lama ini meluncurkan buku berjudul Gaya Kepemimpinan Strategis dan Green Human Resource Management. Buku tersebut merupakan hasil disertasi Dudung pada Program Doktor Ilmu Ekonomi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Belakangan, nama Dudung juga muncul dalam survei deretan calon wakil presiden potensial pada Pemilu 2024. Bahkan namanya masuk daftar trending topic Twitter dalam beberapa hari terakhir

Daftar Penghargaan KSAD Dudung Abdurachman

Dudung yang lahir di Bandung pada 19 Desember 1965 telah mengabdi sebagai prajurit TNI AD selama 35 tahun. Selama masa pengabdiannya itu, alumnus Akademi Militer Tahun 1988-B ini telah berpengalaman tempur, di antaranya dalam Operasi Seroja di Timor Timur dan Operasi Gerakan Aceh Merdeka. Dia pun kenyang pengalaman bertugas di pos-pos jabatan strategis.

Selama itu pula sederet penghargaan atas jasa dan kemampuan Dudung pun tersemat pada seragam TNI yang dikenakannya. Berikut daftarnya.

1. Brevet Kualifikasi Komando Kopassus

28 Deretan Penghargaan di Dada Kiri Jenderal Dudung Abdurachman

Foto/istimewa
Ini merupakan brevet yang diterima setelah Dudung melewati pendidikan dan latihan di Pusdiklatpassus Batujajar, Bandung, Jawa Barat pada 2021. Diklat berlangsung selama tujuh bulan meliputi pendidikan dasar, pelatihan di hutan, gunung, rawa, dan laut.

2. Brevet Kualifikasi Para Raider

28 Deretan Penghargaan di Dada Kiri Jenderal Dudung Abdurachman

Fotoistimewa
Brevet ini menunjukkan tiga kemampuan prajurit TNI AD, yakni kemampuan pasukan anti-teroris untuk pertempuran jarak dekat, kemampuan sebagai pasukan lawan gerilya dengan mobilitas tinggi, dan kemampuan untuk melakukan pertempuran-pertempuran panjang.

3. Brevet Kualifikasi Cakra Kostrad

28 Deretan Penghargaan di Dada Kiri Jenderal Dudung Abdurachman

Foto/istimewa
Brevet ini diperoleh Dudung setelah mengikuti latihan standarisasi prajurit Kostrad. Brevet ini menegaskan Dung resmi menyandang predikat prajurit Cakra Kostrad.

4. Brevet Para Utama

28 Deretan Penghargaan di Dada Kiri Jenderal Dudung Abdurachman

Foto/istimewa
Diterima Dudung pada 2021 dari Kopassus sebagai bentuk penghargaan atas peningkatan kerja sama yang telah dilakukan selama ini dalam membina dan meningkatkan kemampuan di bidang keparaan

5. Bintang Darma

Bintang Dharma diterima Dudung dari Pemerintah Republik Indonesia sebagai anugerah dan penghormatan atas jasa bakti seorang prajurit yang melebihi panggilan kewajiban dalam operasi militer.

6. Bintang Kartika Eka Paksi Utama

Diterima Dudung pada 2022, merupakan tanda kehormatan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia sebagai penghargaan atas jasanya yang dinilai luar biasa untuk kemajuan dan pembangunan TNI Angkatan Darat.

7. Bintang Bhayangkara Utama

Pada 2022 Pemerintah Republik Indonesia memberikan tanda kehormatan ini kepada Dudung atas jasanya turut memajukan dan mengembangkan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

8. Bintang Yudha Dharma Pratama

Diterima Dudung atas untuk jasa dan darmabaktinya yang benar-benar dirasakan manfaatnya bangsa dan negara. Bintang jasa ini setingkat di atas Bintang Bhayangkara, Bintang Kartika Eka Paksi, Bintang Jalasena, dan Bintang Swa Bhuwana Paksa.

9. Bintang Kartika Eka Paksi Pratama

Merupakan tanda kehormatan yang diterima Dudung dari pemerintah atas jasanya yang dinilai luar biasa untuk kemajuan dan pembangunan TNI Angkatan Darat.

10. Bintang Yudha Dharma Nararya

Bintang Yudha Dharma diterima Dudung atass darmabaktinya yang dinilai melebihi dan melampaui panggilan kewajiban dalam pelaksanaan tugas pembinaan dan pengembangan serta menghasilkan karya yang benar-benar dirasakan manfaatnya oleh pemerintah dan NKRI.

11. Bintang Kartika Eka Paksi Nararya

Diberikan kepada Dudung karena danggap telah menunjukkan kemampuan, kebijaksanaan, dan jasa luar biasa untuk kemajuan dan pembangunan TNI Angkatan Darat.

12. Satyalancana Kesetiaan 32 Tahun

Tanda kehormatan ini diberikan Pemerintah Republik Indonesia atas jasa dan pengabdian Dudung selama 32 tahun berturut-turut.

13. Satyalancana Dharma Bantala

Tanda kehormatan ini diberikan kepada prajurit TNI AD yang telah teruji kesetiannya dan telah bertugas minimal 30 tahun.

14. Satyalancana Kesetiaan 24 Tahun

Tanda jasa yang diterima setelah prajurit TNI bertugas selama 24 tahun berturut-turut.

15. Satyalancana Kesetiaan 16 Tahun

Tanda jasa yang diterima setelah prajurit TNI bertugas selama 16 tahun berturut-turut.

16. Satyalancana Kesetiaan 8 Tahun

Tanda jasa yang diterima setelah prajurit TNI bertugas selama 8 tahun berturut-turut.

17. Satyalancana Seroja

Merupakan tanda kehormatan yang diterima Dudung atas jasanya dalam Operasi Seroja di Timor Timur.

18. Satyalancana Dharma Nusa

Tanda kehormatan yang diberikan oleh pemerintah sebagai penghargaan atas jasa Dudung dalam tugas operasi pemulihan keamanan di Indonesia.

19. Satyalancana Dwidya Sistha

Tanda kehormatan ini diberikan kepada Dudung yang berjasa di dalam dan pertumbuhan TNI saat menjabat sebagai Wagub Akmil pada kurun 2015—2016 maupun Gubernur Akmil pada 2018—2020.

20. Satyalancana Santi Dharma

Tanda kehormatan yang diberikan kepada prajurit TNI yang telah menyelesaikan tugas internasional sebagai kontingen Garuda atau military observer.


21. Philippine Republic Presidential Unit Citation Badge

Tanda kehormatan yang diterima Dudung dari Filipina atas jasanya terhadap militer negara tersebut.

22. Bronze Cross Medal

Penghargaan yang biasanya diberikan kepada militer Filipina atas aksi heroik prajuritnya itu diterima Dudung dari kepala Angkatan Bersenjata Filipina.

23. The Philippine Legion of Honor

Penghargaan ini juga diterima Dudung dari Filipina, merupakan pengakuan tertinggi atas jasa yang berkaitan dengan urusan militer di negara tersebut.

24. Pin Alumni Lemhannas

Brevet yang diterima Dudung setelah mengikuti pendidikan di Lemhannas.

25. Pin Alumni Seskoad

Brevet ini diterima Dudung setelah mengikuti pendidikan di Seskoad. Hanya perwira TNI terpilih yang dapat mengikuti Seskoad sebagai jalan pengembangan karier.

26. Brevet Kualifikasi Penanggulangan Teror (Gultor)

Brevet ini diterima Dudung pada 2021 atas jasanya dalam pengembangan Satuan 81 Kopassus atau dulunya lebih dikenal sebagai SAT-81/Gultor

27. OIC Medal of Honor

Penghargaan ini diterima Dudung dari negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI)

28. Brevet Kualifikasi Intai Tempur (Taipur)

28 Deretan Penghargaan di Dada Kiri Jenderal Dudung Abdurachman

Brevet ini diberikan kepada Dudung saat menjadi prajurit Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) yang telah lulus latihan kualifikasi intai tempur

Selain 28 brevet di atas, Dudung juga mengoleksi empat brevet di dada kanan yaitu
- Brevet Junior Officer Combat - Instructor Training – Indonesia (JOCIT-I)
- Master Parachutist Badge (US Army)
- Air Assault Badge (US Army)
- Wing Penerbang TNI AD Kelas I (2022)

Dudung juga mendapatkan tujuh brevet kehormatan dalam dua tahun terakhir, yaitu:
- Brevet Astros (2022)
- Wing Penerbang TNI AU Kelas I (2022)
- Armed Forces of the Philippines (2022)
- Master Parachutist Badge - Singapore Army (2022)
- Brevet Hiu Kencana (2022)
- Brevet Intai Amfibi Korps Marinir (2023)
- Brevet Anti-Teror Aspek Laut (2023)
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2077 seconds (0.1#10.140)