Asbabun Nuzul Surat Al-Lahab, Azab Allah Bagi Orang yang Memusuhi Rasulullah SAW

Senin, 29 Mei 2023 - 18:21 WIB
loading...
Asbabun Nuzul Surat Al-Lahab, Azab Allah Bagi Orang yang Memusuhi Rasulullah SAW
Surat Al-Lahab mengisahkan permusuhan Abu Lahab dan istrinya yang sangat keras kepada Baginda Nabi Muhammmad SAW. Allah mengabarkan ancaman siksa neraka kepada keduanya. Foto/dok Channel Asl Mula
A A A
Surat Al-Lahab merupakan surah ke-111 dalam Al-Qur'an terdiri 5 ayat. Surat yang termasuk golongan Makkiyah diturunkan setelah sesudah Surat Al-Fath. Berikut Asbabun Nuzul Surat Al-Lahab.

Nama Al-Lahab diambil dari kata Al-Lahab yang terdapat pada ayat ketiga surat ini yang artinya gejolak api. Surat ini juga dinamakan surat Al-Masad. Surat ini mengisahkan tentang Abu Lahab yang kerap menyakiti Nabi Muhammad SAW..

Akibat sikap dan permusuhannya yang sangat keras, Abu Lahab diberi balasan panasnya api neraka, sedangkan istrinya disebutkan dalam surat ini sebagai pembawa kayu bakar.

Berikut firman-Nya:

تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ . مَا أَغْنَى عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَبَ . سَيَصْلَى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ . وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ . فِي جِيدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ

Artinya: "Binasalah kedua tangan Abu lahab dan sesungguhnya dia akan binasa. Tidaklah berfaedah kepadanya harta benda dan apa yang ia usahakan. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak. Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar. Yang di lehernya ada tali dari sabut." (QS Al-Lahab Ayat 1-5)

Asbabun Nuzul Surat Al-Lahab ini diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dalam shahih-nya. Dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam naik ke Bukit Shafa, mengumpulkan orang-orang Quraisy lalu menyeru mereka:

"Bagaimana pendapat kalian jika aku sampaikan kepada kalian bahwa musuh akan menyerang di pagi hari atau petang hari, apakah kalian percaya?" Mereka lalu menjawab "kami percaya."

Lalu Rasulullah mengatakan, "Maka sesungguhnya aku memperingatkan kepada kalian akan datangnya azab yang keras." Tiba-tiba Abu Lahab menyela: "Tabbal laka alihaadzaa. Celakalah kamu ini, karena inikah engkau mengumpulkan kami?" Maka turunlah Surat Al-Lahab.

Abu Lahab memiliki nama asli Abdul Uzza bin Abdul Muthallib sebenarnya merupakan salah satu paman Rasulullah SAW. Orang yang memiliki julukan (laqab) Abu Lahab karena wajahnya mengkilap ini sering mengikuti Rasulullah SAW dari belakang lalu mendustakan beliau.

Surat Al-Lahab ini merupakan ancaman balasan dari Allah untuk Abu Lahab dan istrinya yang sangat keras menyakiti Rasulullah SAW. Bahwa kelak, Abu Lahab akan masuk neraka dengan siksa yang sangat pedih.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1162 seconds (0.1#10.140)