Sering Kalah, Kejaksaan Diminta Tak Paksakan Kasus

Minggu, 22 Mei 2016 - 17:13 WIB
Sering Kalah, Kejaksaan Diminta Tak Paksakan Kasus
Sering Kalah, Kejaksaan Diminta Tak Paksakan Kasus
A A A
JAKARTA - Kejaksaan beberapa kali mengalami kekalahan dalam persidangan di pengadilan. Terakhir dalam kasus Yulianus Paonganan alias Ongen yang didakwa melakukan penghinaan terhadap Presiden.

Pakar Hukum dari Universitas Parahyangan Asep Warlan Yusuf menilai kekalahan yang dialami kejaksaan lantaran selalu memaksakan kasus untuk masuk ke pengadilan.

“Bisa jadi kasus itu agak dipaksakan masuk ke pengadilan sehingga hakim melihat ada hal yang tidak cukup untuk dibuktikan dan tidak meyakinkan,” kata Asep kepada Sindonews, Minggu (22/5/2016).

Menurut Asep, seharusnya kejaksaan tidak begitu saja meloloskan berkas kasus yang dianggap kurang lengkap. “Tidak boleh jaksa ada yang memaksakan sebuah kasus masuk ke pengadilan sebelum berkas dapat dikatakan lengkap dan disertai bukti yang kuat juga,” ujar Asep.

Sebelumnya, jaksa juga kalah dalam sidang praperadilan kasus dugaan penganiayaan yang dituduhkan terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan di Pengadilan Negeri Bengkulu beberapa waktu lalu.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6104 seconds (0.1#10.140)