Pemikiran Ki Hadjar Dewantara, Jadi Spirit Pendidikan

Senin, 02 Mei 2016 - 17:56 WIB
Pemikiran Ki Hadjar Dewantara, Jadi Spirit Pendidikan
Pemikiran Ki Hadjar Dewantara, Jadi Spirit Pendidikan
A A A
JAKARTA - Peringatan Hari Pendidikan Nasional sangat penting untuk kembali pada spirit pendidikan berbudi pekerti yang menyatu dengan upaya mengatasi berbagai persoalan bangsa.

Maka itu, peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini menjadi momentum untuk memperkokoh pendidikan kebangsaan dan menjabarkan kembali keseluruhan gambaran pendidikan untuk kejayaan bangsa.‎

"Sudah sewajarnya di Hari Pendidikan Nasional ini, kita menggali mutiara pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Beliau telah meletakkan konsepsi pendidikan yang menyatu dengan tradisi kebudayaan bangsa," ujar Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto dalam siaran persnya, Senin (2/5/2016).

Menurutnya, Ki Hadjar Dewantara sejak awal sudah menegaskan bahwa pengajaran nasional harus selaras dengan penghidupan bangsa dan kehidupan bangsa. (Baca: Bela Negara Akan Masuk Perguruan Tinggi)

"Itulah spirit yang menjadi alasan mengapa Ki Hadjar mendirikan Taman Siswa pada tahun 1922. Disitulah perguruan Taman Siswa bekerjasama dengan pergerakan rakyat lainnya seperti Budi Utomo," jelasnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3809 seconds (0.1#10.140)