KNPI Inisiasi Jambore Nasional Poros Maritim Pemuda

Rabu, 27 April 2016 - 10:47 WIB
KNPI Inisiasi Jambore Nasional Poros Maritim Pemuda
KNPI Inisiasi Jambore Nasional Poros Maritim Pemuda
A A A
JAKARTA - DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menginisiasi pelaksanaan Jambore Nasional Poros Maritim Pemuda di Pantai Matras, Bangka Belitung pada 25-29 April 2016.

Acara itu digagas sebagai upaya mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. "KNPI ingin mengubah paradigma, membantu mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai poros maritim dunia," kata Sekretaris Jenderal DPP KNPI Sirajuddin Abdul Wahab melalui keterangan tertulis, Selasa 26 April 2016.

Melalui Jambore ini, lanjut Sirajuddin, DPP KNPI mendorong pemerintah dan DPR segera membahas dan membentuk Undang-undang (UU) Pembangunan Provinsi Kepulauan, dan UU tentang Sistem Keamanan Laut Indonesia.

Sirajuddin mengatakan, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Dengan diapit oleh dua samudera dan dua benua, Indonesia memiliki 39 selat yang memiliki keterkaitan dengan selat lain di kawasan Asia.

Dengan fakta itu, Indonesia rentan terhadap persoalan tapal batas dengan sepuluh negara yang berada di sekitarnya, seperti Malaysia, Timor-Timur, Singapura, Thailand, Papua Nugini, Australia, Filipina, Brunei Darussalam, Kamboja, dan China.

"Dari sepuluh negara itu, baru dengan Singapura persoalan tapal batas tersebut telah diselesaikan, dan sisanya menjadi pekerjaan berat Pemerintah Jokowi-JK," ucap Sirajuddin.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7501 seconds (0.1#10.140)