Pesan Megawati Terkait Peringatan Hari Bumi

Minggu, 24 April 2016 - 21:43 WIB
Pesan Megawati Terkait Peringatan Hari Bumi
Pesan Megawati Terkait Peringatan Hari Bumi
A A A
BANTEN - Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menginstruksikan kepada seluruh kader PDIP untuk mendorong gerakan reboisasi yang dianggapnya sebagai jalan kemanusiaan untuk menyelamatkan bumi.

Instruksi itu juga ditujukan kepada kader PDIP di dalam pemerintahan dan DPR serta DPRD. Hal itu diungkapkan Megawati saat peringatan Hari Bumi 22 April yang dipusatkan di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Pantai Carita, Banten, Minggu (24/4/2016).

"Pertama, jagalah bumi dan perbanyak kebun raya serta hutan tanaman rakyat (Tahura) sebagai bagian dari penyelamatan bumi. Kedua, Hutan yang ada harus diselamatkan dari kerusakan ulah manusia," ujar Megawati.

Dia berharap berharap agar Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya dapat mendorong kebijakan moratorium penebangan hutan. "Ketiga, hutan menjadi sumber pembelajaran yang sangat penting," pesannya.

Megawati masih ingat betul ketika meresmikan Tahura Pantai Carita pada tahun 2003, ada tanaman Tengkawang yang merupakan spesies tanaman meranti, buahnya seperti "kitiran" dan dipergunakan untuk bahan kosmetik.

Penggunaan buah Tengkawang, kata dia, harus mempertimbangkan agar tanaman tersebut terus dikembangkan dan dibudidayakan secara terukur.

"Keempat, reboisasi merupakan jalan masa depan untuk umat manusia. Bangsa Indonesia harus bersyukur. Lihatlah bagaimana di Arab untuk menanam pohon saja diperlukan upaya khusus. Sayangilah pohon karena itulah penghidupan dan nafas bumi," ungkap Presiden kelima Indonesia ini.

Dia menegaskan rasa cinta kepada Tanah Air harus diajarkan sebagai bagian dari kesadaran mencintai bumi.

Pada acara tersebut, dia mengungkapkan keheranannya mengenai durian Musang King impor Malaysia yang seolah menjadi tren dan rebutan para penggemar durian.

"Kita punya keanekaragaman durian yang tidak kalah dengan negara-negara tetanggga. Namun yang diperlukan penelitian, dan pengembangan kemampuan produksi untuk menjaga kualitas terbaik," kata Megawati.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6046 seconds (0.1#10.140)