Cak Imin: Demokratisasi Indonesia Bermula dari Tumbangnya Soeharto

Minggu, 24 April 2016 - 11:50 WIB
Cak Imin: Demokratisasi Indonesia Bermula dari Tumbangnya Soeharto
Cak Imin: Demokratisasi Indonesia Bermula dari Tumbangnya Soeharto
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)Muhaimin Iskandar menyampaikan pemikirannya soal pematangan demokrasi Indonesia dihadapan puluhan pimpinan partai politik se-Asian diacara International Clonference of Asian Political PartIes (ICAPP).

Pria yang akrab disapa Cak Imin ini mengatakan, demokratisasi di Indonesia berawal dari tumbangnya rezim otoriter di bawah pimpinan Soeharto."Rakyat Indonesia begitu senang. Perjuangan demokrasi dan reformasi menghasilkan menjamurnya partai politik. Bahkan, partai dapat didirikan oleh orang dengan kelompoknya," kata Cak Imin, Sabtu, 23 April 2016.

Seiring berjalannya waktu, lanjut Cak Imin, puluhan parpol yang berdiri di era reformasi tersebut mengalami kristalisasi dan seleksi alam. Baik melalui pemilihan umum maupun dukungan langsung dari masyarakat untuk menjadi anggota.

"Pemilu kemudian menyisahkan 10 partai di parlemen saat ini. Namun, demokrasi memiliki dampak positif dan negatif," katanya. Cak Imin menambahkan, sisi positifnya masyarakat dapat menentukan sendiri siapa yang dinilai memiliki kemampuan memimpin mereka. Apakah mereka tokoh di pusat mau pun daerah.

"Contoh nyatanya adalah Presiden Jokowi, karena dicintai rakyat, ia berhasil menjadi wali kota, gubernur dan Presiden dalam waktu singkat," ujarnya. Namun sisi negatifnya, menurut Cak Imin, proses demokratisasi yang baru berjalan menghasilkan kematangan sekaligus kebebasan yang kebablasan. Persaingan tak mengenal batas dan etika melahirkan black campign dan perbuatan negatif lainnya.

"Akan tetapi partai politik sebagai katalisator rekrutmen legislatif semakin menguat dan semakin dewasa sehingga secara bertahap partai politik menjadi pilihan rakyat untuk menyampaikan aspirasi," katanya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4251 seconds (0.1#10.140)