Muhaimin Iskandar Resmi Tutup Musabaqah Kitab Kuning

Kamis, 14 April 2016 - 09:43 WIB
Muhaimin Iskandar Resmi Tutup Musabaqah Kitab Kuning
Muhaimin Iskandar Resmi Tutup Musabaqah Kitab Kuning
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) resmi menutup acara Musabaqah Kitab Kuning (MKK) atau perlombaan pembacaan kitab kuning yang sebelumnya diikuti 1.500 santri dari seluruh pesantren se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Cak Imin mendoakan semua finalis yang berjumlah 12 orang dan seluruh peserta agar bisa mengikuti jejak para ulama Nahdlatul Ulama (NU) serta bisa mengaplikasikan ilmu-ilmu yang dijabarkan kitab kuning dalam kehidupan masyarakat.

"Semoga finalis dan semua peserta dari awal bisa terus mengkaji kitab kuning dan bisa menjadi kiai-kiai NU, penerus ulama NU," kata Muhaimin Iskandar dalam siaran pers, Kamis (14/4/2016).

Cak Imin berharap, acara seperti ini tetap bisa dilakukan setiap tahun. Sebab menurutnya, dengan mengaji kitab kuning sama saja menyebarkan Islam Nusantara yakni Islam yang berkebangsaan.

"Dengan adanya perlombaan pembacaan Kitab Kuning ini, Alhamdulillah seluruh pesantren se-Indonesia kita sowan," ucap Cak Imin.

‎Sementara penanggung jawab acara MKK Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan, pihaknya akan terus melakukan kegiatan serupa. Hal tersebut ditujukan, agar para santri di pesantren-pesantren bisa terus terpacu belajar membaca dan memahami kitab kuning.

‎"Kebetulan momen hari Santri Nasional sudah ada Kepresnya tanggal 22 Oktober dan itu jadi momen yang tepat untuk penyelenggaraan MKK agar santri lebih semangat bealajar soal kitab ini. Agar mereka tak slah mengerti konsep-konse yang pakai bahasa Arab ini," ucap Cucun.

Sekretaris Fraksi PKB di DPR ini juga berharap, para santri dengan belajar kitab kuning, ke depannya‎ memiliki pemikiran yang lebih luas mengenai kemanusiaan dan ke Indonesiaan.

"Santri akan punya pemikiran moderat, tasamuh dan tawazun melihat konsep agama tidak sempit," harap Cucun.

Selain itu, Cucun yang juga anggota Komisi IV DPR ini bercita-cita untuk penyelenggaraan MKK berikutnya bisa memberikan apresiasi atau hadiah kepada para pemenang bisa lebih baik lagi dari sekarang.

"Kita baru mampu seperti ini. Belajar kitab kuning ini berat, kita sangat menghargai keilmuan merekan," Cucun menandaskan.

Berikut para pemenang MKK yang digelar DPP PKB tahun 2016.

Juara MKK Pria:
‎1. Mufid Kholilullah
2. M Zaki Gufron
3. M Imtihad Fudhola

Juara Harapan MKK Pria:
1. Muhmmad
2. Miftahul Ulum
3. Tengku Baihaqi

Juara MKK Prempuan;
1. Zumroh Naziah
2. Atini Istianah
3. Vina Khairunnisa

Juara Harapan MKK Perempuan:
1. Indah Tri utami
2. Khozinurrohmah
3. Asa Nabilah Arju
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5483 seconds (0.1#10.140)