Demokrasi Money Politic karena Rakyat Lapar

Rabu, 30 Maret 2016 - 13:29 WIB
Demokrasi Money Politic karena Rakyat Lapar
Demokrasi Money Politic karena Rakyat Lapar
A A A
JAKARTA - Kehadiran partai politik (parpol) wajib ada dalam sebuah negara yang menganut sistem demokrasi. Hanya saja kualitas demokrasinya masih perlu diperbaiki.
Wakil Ketua DPR, Fadli Zon mengatakan, perkembangan demokrasi di suatu negara sangat dipengaruhi pemimpin yang berkuasa saat itu.

"Saya studi di London, negara karena demokrasi bisa maju itu tidak mungkin. Tapi dari program pemimpinnya," ujar Fadli dalam acara diskusi bertajuk Jalur Perserorangan: Penguatan Demokrasi atau Deparpolisasi di Kantor MMD Initiative, Matraman, Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Menurutnya, iklim demokrasi yang berkembang sekarang di Indonesia cukup kondusif. Namun, politikus Partai Gerindra itu mengingatkan, kualitas demokrasi akan baik dan maju jika para pemimpin yang dihasilkan melalui parpol sanggup memberi kesejahteraan kepada masyarakatnya.

"Yang benar kita sejahtera dulu baru baru berdemorkasi dengan benar. Tidak mungkin demokrasi dilakukan ketika rakyat lapar atau miskin, akibatnya demokrasi menyimpang menjadi money politic," ucapnya.

Baca: Mahfud Loloskan Aturan Calon Independen Bukan untuk Deparpolisasi.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0491 seconds (0.1#10.140)