alexa snippet

Bom Hidrogen 25 Ribu Kali Bom Hiroshima-Nagasaki

Bom Hidrogen 25 Ribu Kali Bom Hiroshima-Nagasaki
Ilustrasi KORAN SINDO
A+ A-
KOREA Utara mengejutkan dunia pada awal 2016. Negeri tertutup yang dipimpin Kim Jong-un itu mengklaim telah sukses menguji bom hidrogen, bom berkekuatan 25.000 kali dari bom nuklir yang memporak-porandakan Hiroshima dan Nagasaki, Jepang saat Perang Dunia II.

Bom Hidrogen 25 Ribu Kali Bom Hiroshima-Nagasaki

Apa Itu Bom Hidrogen?
-    Terciptanya bom hidrogen tak lepas dari pengembangan senjata nuklir.
-    Merupakan jenis paling kuat dari bom nuklir, dengan kekuatan hingga 25.000 kali bom nuklir yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki.
-    Kekuatan ledakan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki setara dengan 15-20 kiloton TNT.
-    Kerap dinamakan sebagai senjata termonuklir.
-    Bom hidrogen mendapatkan energinya melalui fusi atom, sedangkan bom atom biasa mendapatkannya melalui fisi atom.
-    Tipe bom nuklir ini didasarkan pada proses fusi nuklir yang menggabungkan isotop-isotop hidrogen (deuterium dan tritium).
-    Bom dari reaksi fusi lebih canggih dan lebih sulit dibuat, karena memerlukan suhu yang lebih tinggi—bisa mencapai jutaan derajat celsius.
-    Bom hidrogen menggabungkan kedua fisi nuklir dan fusi nuklir untuk menghasilkan ledakan jauh lebih kuat.
-    Lebih mudah membuat bom hidrogen dalam ukuran kecil, sehingga lebih mudah ditempatkan dalam sebuah misil.
-    Sejauh ini merupakan senjata paling merusak yang pernah diciptakan manusia.
-    Bom hidrogen terkuat yang pernah dibuat ialah Tsar Bomba (kaisar dari segala bom) dengan kekuatan 50 megaton TNT. Bom ini dibuat oleh Uni Soviet dan diuji coba pada 30 Oktober 1961. Ledakannya menghasilkan jamur api setinggi 94 km, menyebabkan radiasi meluas hingga 62 mil.
-    Jumlah energi yang dilepaskan oleh pembelahan bom dapat berkisar dari sekitar 1 ton TNT hingga sekitar 500.000 ton (500 kilo ton) dari TNT.

Bom Hidrogen 25 Ribu Kali Bom Hiroshima-Nagasaki

Uji coba pertama
-    Prinsip dari bom hidrogen pertama kali diuji coba oleh militer Amerika Serikat (AS) pada 9 Mei 1951.
-    Uji coba resmi bom hidrogen dilakukan AS pada 1 November 1952 di Atol Enewetak, Pasifik. Bom hidrogen pertama itu dinamakan Ivy Mike.
-    Kekuatan ledakan Ivy Mike setara dengan 10.000 kiloton TNT
-    Bom hidrogen Ivy Mike ini menghapuskan sebuah pulau yakni Elugelab Island.

Dua Tipe Senjata Nuklir
-    Tipe pertama menghasilkan energi yang ledakannya hanya dari proses reaksi fisi. Senjata nuklir tipe pertama inilah yang dinamakan bom atom atau atomic bomb atau juga dikenal sebagai A-bombs. Energi bom atom ini hanya diproduksi dari inti atom.
-    Tipe senjata nuklir kedua adalah bom hidrogen (H-bomb). Bom ini prinsip pembuatannya dengan memproduksi sebagian besar energi melalui reaksi fusi nuklir.

Bom Hidrogen vs Bom Atom
Perbedaan di antara kedua bom ini berada pada tingkat atom

Bom Hidrogen 25 Ribu Kali Bom Hiroshima-Nagasaki

Bom Atom

-    Bekerja dengan memisahkan inti atom. Saat neutron atau partikel netral dari pemisahan itu memukul inti atom terdekat, maka neutron memisah juga. Hasil dari proses ini yaitu reaksi berantai yang sangat eksplosif.
-    Menurut Union of Concerned Scientists, bom atom Hiroshima dan Nagasaki meledak dengan 15 kiloton dan 20 kiloton TNT.

Bom Hidrogen
-    Bom hidrogen memulai ledakan dengan proses reaksi pemisahan yang sama pada bom atom. Pada bom atom mayoritas uranium atau plutonium sebenarnya tak digunakan. Dalam bom hidrogen, ada tambahan tahapan yang membuat ledakan bom ini makin besar.
-    Dalam proses bom hidrogen, ledakan pemicu memadatkan bola plutonium-239, yang kemudian akan menjalankan pembelahan.
-    Di dalam lubang plutonium-239 merupakan ruangan gas hidrogen. Suhu dan tekanan tinggi yang diciptakan pembelahan plutonium-239 menyebabkan atom hidrogen menyatu.
-    Proses penyatuan ini merilis neutron yang akan memberikan umpan balik ke plutonium-239. Pada akhirnya proses ini akan memisah banyak atom dan meningkatkan pembelahan reaksi berantai.

Fusi dan Fisi
Merupakan jenis reaksi berbeda yang melepaskan energi atom.
•    Dalam fisi, sebuah atom dibelah menjadi dua atau lebih, sehingga atom menjadi lebih ringan.
•    Fusi kebalikannya, terjadi ketika dua atau lebih atom dilebur menjadi satu, menciptakan atom yang lebih besar dan berat.
sumber: Live Science

Bom Hidrogen 25 Ribu Kali Bom Hiroshima-Nagasaki

Negara yang Diyakini Pernah Uji Coba Bom Hidrogen

dibaca 83.528x
halaman ke-1 dari 4
loading gif
Top