10 Destinasi Bulan Madu Pilihan

Jum'at, 11 Maret 2016 - 05:48 WIB
10 Destinasi Bulan Madu Pilihan
10 Destinasi Bulan Madu Pilihan
A A A
BULAN madu merupakan momen sangat istimewa bagi pasangan yang baru saja menikah. Bisa dipastikan, setiap pasangan yang baru mengikat janji suci tidak ingin melewatkan momen satu ini. Berikut 10 destinasi honeymoon versi jajak pendapat Litbang KORAN SINDO.

1. Bali

10 Destinasi Bulan Madu Pilihan


Dalam hasil survei, Bali menempati posisi tertinggi sebagai destinasi honeymoon terfavorit. Bali memang identik sebagai pulau romantis. Popularitasnya tersebut tak hanya dikenal oleh wisatawan lokal tetapi juga mancanegara. Berbagai pilihan spot romantis juga bisa didatangi. Mereka yang menyukai pantai, Seminyak dan Kuta layak untuk dikunjungi. Sementara mereka yang menginginkan nuansa alam pegunungan, wilayah Ubud adalah tempat yang pas.

2. Yogyakarta

10 Destinasi Bulan Madu Pilihan


Yogyakarta menyajikan keelokan yang tidak pernah ada habisnya. Siapapun yang pernah berkunjung ke sana pasti akan terdorong untuk kembali datang. Kota yang dikenal sebagai kota pelajar ini merupakan destinasi sarat akan spot-spot romantis mulai dari wisata sejarah, wisata budaya hingga wisata kuliner. Keramahan penduduknya juga memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

3. Lombok

10 Destinasi Bulan Madu Pilihan


Berbulan madu di Lombok, Nusa Tenggara Barat juga menjadi opsi yang banyak dipilih responden. Faktanya, Lombok memang terkenal dengan tempat-tempat wisata yang cocok untuk memadu kasih. Sebut saja di antaranya Gili Trawangan. Pulau nan eksotis ini terkenal dengan suguhan pemandangan sangat indah.

4. Raja Ampat

10 Destinasi Bulan Madu Pilihan


Salah satu tempat terbaik untuk menghabiskan waktu berbulan madu lainnya adalah Raja Ampat, Papua. Seperti teman-tempat lainnya, Raja Ampat juga memberikan panorama nan eksotis. Gugusan batu kapur warna-warni, spesies tumbuhan langka, serta keindahan bawah laut menjadi andalan tempat ini.

5. Maladewa/Maldives

10 Destinasi Bulan Madu Pilihan


Maladewa juga dikenal sebagai salah satu surga dunia yang kerap dijadikan sebagai destinasi bulan madu pengantin baru. Bahkan para selebritis Hollywood juga kerap menjadikan tempat ini sebagai tempat berbulan madu. Kawasan Maladewa yang terdiri dari banyak pulau-pulau kecil banyak menyuguhkan tempat-tempat indah.

6. Bandung

10 Destinasi Bulan Madu Pilihan


Bandung bisa menjadi salah satu opsi menarik untuk berbulan madu. Jika bosan dengan suasana kota, daerah pinggiran Kota Bandung bisa memberikan suasana yang berbeda. Semisal di Lembang yang berhawa sejuk atau Ciwidey yang menghadirkan pemandangan alam memesona.

7. Prancis

10 Destinasi Bulan Madu Pilihan


Negara satu ini memang identik sebagai negara cinta. Selain terkenal dengan menara Eiffel, Prancis juga memiliki banyak tempat romantis yang patut untuk dikunjungi. Pasangan pengantin baru bisa menikmati makan malam di atas kapal layar atau cruise sambil menyusuri indahnya Sungai Seine. Momen bulan madu juga memberikan kesan tak terlupakan saat sepasang penganting mengunjungi jembatan Arts dan Archeveche, tempat di mana gembok- gembok cinta tergantung.

8. Singapura

10 Destinasi Bulan Madu Pilihan


Tidak perlu jauh-jauh ke Eropa, ternyata negara tetangga Singapura juga menyuguhkan pesona romantis. Selama ini, Negeri Singa memang kerap menjadi destinasi wisata favorit orang Indonesia. Universal studio adalah salah satu tempat wisata yang banyak diincar para pelancong di negeri yang didirikan mendiang Lee Kuan Yew itu.

9. Thailand

10 Destinasi Bulan Madu Pilihan


Negara beribu kota Bangkok ini turut masuk dalam daftar destinasi bulan madu favorit versi jajak pendapat KORAN SINDO. Keindahan Thailand yang terkenal dengan budaya tradisionalnya dapat membawa momen bulan madu terasa indah. Pantai Phuket merupakan salah satu destinasi di Negeri Gajah Putih yang pas untuk didatangi para pasangan pengantin baru.

10. Jepang

10 Destinasi Bulan Madu Pilihan


Dilansir dari wonderslist.com, ada 10 negara yang memiliki predikat sebagai negara paling romantis di dunia karena kebiasaan dan perilaku warga negaranya yang unik untuk menunjukkan perasaan cinta pada pasangannya.

1. Italia
Italia dinilai negara paling romantis di dunia. Negara ini paling tahu caranya menyenangkan atau memanjakan pasangan dengan berbagai trik romantis dan seksi. Penyanyi Madonna pernah menggunakan T-Shirt "Italians Do It Better" untuk menunjukkan bahwa orang Italia punya selera yang bagus.

2. Prancis
Romantis itu Prancis. Tempat di mana keanggunan dan romantisme berpadu menjadi satu. Tak hanya pakaian namun juga cinta yang menyemarakkan Prancis beserta Menara Eiffel-nya yang menjulang. Prancis adalah negara paling ingin dikunjungi karena kesan elegan dan klasik di tempat tersebut sangat cocok untuk suasana memadu kasih ideal yang diinginkan para pasangan.

3. Brasil
Brasil termasuk negara romantis ketiga di dunia. Banyak orang Brasil yang memiliki sex appeal tinggi. Dengan kulit kecoklatan dan bersinar, mereka kabarnya bisa menjadi pasangan hebat di atas ranjang. Salah satu sensualitas negara ini tergambar dari budaya Samba yang menarik.

4. Spanyol
Spanyol dikenal dengan negara yang recommended untuk cari pasangan. Apalagi bila Anda mencari sosok yang hot, berkharisma, baik, setia dan membuat lebih hidup. Kabarnya, orang-orang Spanyol adalah yang paling ahli dalam memahami cinta dan tak pernah ada rahasia di antara pasangan di sana bila mereka sudah saling mencintai.

5. Argentina
Bila bicara tentang negara satu ini, maka Anda akan disuguhi dengan gaya bercinta penuh gairah dan romantis. Sebagai salah satu negara di Amerika Latin, Argentina dipenuhi pasangan-pasangan eksotis. Apalagi ketika mereka menunjukkan kemampuannya dalam olahraga dan dansa. Mereka bisa membuat Anda terpesona dan jatuh cinta.

6. Lebanon
Lebanon adalah salah satu negara yang dinilai berbeda dari negara Asia Barat lainnya. Kabarnya wanita dan pria di Lebanon memiliki bentuk tubuh atraktif. Selain itu mereka dinilai punya selera fashion yang bagus dan menggoda. Meski memiliki kulit gelap dan mata yang hitam teduh namun orang-orang Lebanon punya selera bagus dalam bercinta. Berkelas, namun tetap seksi.

7. Amerika Serikat
Salah satu negara super di dunia ini juga didaulat sebagai negara yang romantis. Seringkali kita melihat pasangan di Amerika lebih ekspresif dalam menyatakan cinta dibandingkan orang Eropa atau Asia. Ciri khas romantisme ala Amerika adalah seperti sering terlihat di film-film cinta Hollywood , candle light dinner, coklat, wine, ciuman, serta pelukan

8. Swedia
Kabarnya, bila seorang wanita ingin mencari suami ideal, disarankan mencari ke Swedia. Negara Skandinavia ini terkenal dengan para prianya yang mampu menyenangkan sang istri. Lelaki di Swedia banyak disukai oleh wanitanya karena kepandaian mereka dalam bertutur kata. Namun yang lebih hebat lagi, mereka tak segan mengerjakan apa yang seringkali menjadi tanggung jawab perempuan.

9. Irlandia
Kebiasaan masyarakat Irlandia adalah pintar berpakaian, tahu bagaimana berperilaku dan memiliki kesan yang sangat baik. Orang-orang di sana tahu caranya bersikap pada orang lain sehingga nampak menyenangkan. Selain itu, pasangan di Irlandia memiliki kharisma besar. Meski begitu yang menjadi kunci romantisme negeri tetangga Inggris itu adalah kebiasaan untuk rendah hati dan tidak besar kepala.

10. India
India adalah negara yang dikatakan paling romantis di Asia. Sebanyak 90% orang di India menunjukkan kedekatan dan keintimannya dengan pasangan masing-masing. Salah satu simbol romantisme di India adalah Taj Mahal. Sebuah bangunan yang dibangun karena cinta seorang pria pada istrinya.

Kenapa Harus Bulan Madu?
Dilansir Boldsky, berikut beberapa alasan mengapa bulan madu penting bagi para pengantin baru:

10 Destinasi Bulan Madu Pilihan


1. Sebagai perayaan pribadi

Umumnya pernikahan pada setiap individu itu terjadi hanya sekali dalam seumur hidup. Bulan madu menjadi bentuk selebrasi pribadi bagi pasangan baru.

2. Saling mengerti
Alasan lain dari bulan madu adalah agar dapat saling memahami dan mengerti antarpasangan sehingga membuat hubungan pernikahan menjadi semakin romantis.

3. Kenangan tak terlupakan
Umumnya pernikahan pada individu terjadi hanya sekali seumur hidup. Agar tetap mesra hingga tua nanti, tak jarang satu pasangan menjadikan bulan madu sebagai momen atau kenangan bagi mereka ketika memasuki usia senja nanti.

4. Menyegarkan diri
Bagi pasangan yang baru menikah, bulan madu bisa dijadikan sebagai momen untuk merekatkan hubungan mereka menjadi lebih intim lagi. Sehingga hal itu bisa berdampak positif bagi pasangan. Bagi pasangan yang bekerja, bisa menjadikan honeymoon sebagai waktu beristirahat mereka.

Fakta Pernikahan dan Bulan Madu

10 Destinasi Bulan Madu Pilihan


1. Kue pengantin
Kue pengantin selalu memainkan peranan penting dalam setiap pernikahan. Masyarakat Romawi kuno menjatuhkan kue di atas kepala pengantin perempuan sebagai simbol kesuburan dan rezeki yang berlimpah. Sementara, banyak budaya lain percaya, dengan menjatuhkan gandum dan tepung di atas kepala pengantin perempuan kemudian memakan remahan kue bersama-sama akan membawa keberuntungan.

2. Gaun
Awalnya, pengantin wanita tidak menggunakan gaun putih. Pada abad ke-18, kebanyakan mereka hanya mengenakan baju terbaik mereka untuk pernikahan. Merah merupakan warna favorit pada abad pertengahan di Eropa. Tahun berlalu, warna putih digunakan sebagai perlambang kesucian. Dan hingga sekarang warna putih selalu digunakan bahkan untuk pernikahan kedua.

3. Ciuman
Ciuman pertama di akhir upacara perikahan antara kedua mempelai sudah memiliki makna penting sejak dulu kala. Banyak budaya percaya, dengan berciuman pasangan bertukar semangat melalui napas mereka, begitu pula sebagian jiwa mereka.

4. Honeymoon
Lepas pernikahan, pengantin pria akan membawa mempelainya ke suatu tempat di mana keluarga maupun sahabat tidak dapat menemukan mereka. Mereka akan tinggal selama satu periode bulan (moon) di tempat itu dan meminum mead, wine yang terbuat dari madu (honey) untuk menamba kemesraan mereka. Dari kebiasaan itulah istilah honeymoon berasal.

5. Cincin kawin
Cincin kawin sebenarnya dikenakan pada jari tengah tangan kiri karena urat nadi jari ini dipercaya menuju langsung ke hati. Penggunaan cincin pada jari tengah kiri menjadi kebiasaan pada semua negara yang menggunakan Bahasa Inggris.

6. Menyebar beras
Salah satu tradisi tertua dalam pernikahan adalah kebiasaan menyebar beras yang berasal dari kebudayaan Hindu dan China kuno. Pada budaya ini, beras merupakan simbol kemakmuran. Melempar beras setelah upacara dipercaya akan membawa kesuburan bagi kedua mempelai.

7. Penutup wajah
Misteri dan romansa selalu menyertai penggunaan tudung muka pada pengantin perempuan sejak dulu. Awalnya, tudung digunakan untuk menyembunyikan pengantin dari penculik. Interpretasi romantis muncul kemudian di mana tudung wajah pengantin wanita membuatnya terkesan lebih berharga. Interpretasi lebih awal mengaitkan penggunaan tudung sebagai simbol kemudaan dan keperawanan.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7148 seconds (0.1#10.140)