Angkat Budaya Lokal, OMG Sulsel Gelar Festival Pemuda Toraja

Minggu, 07 Mei 2023 - 13:46 WIB
loading...
Angkat Budaya Lokal, OMG Sulsel Gelar Festival Pemuda Toraja
Relawan OMG mengadakan Festival Pemuda Toraja di Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sabtu (6/5/2023) malam. Di dalam festival tersebut ada lomba menyanyi lagu daerah, talk show, dan pemutaran film. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
TORAJA UTARA - Relawan Orang Muda Ganjar (OMG) mengadakan Festival Pemuda Toraja. Di dalam festival tersebut ada lomba menyanyi lagu daerah, talk show, dan pemutaran film tentang Toraja.

Koordinator OMG Sulsel Muh Rais Auliya Razak (23) mengatakan, kegiatan itu merupakan upaya mereka meningkatkan SDM pemuda Toraja. Para relawan juga ingin memperkenalkan bakat-bakat pemuda Toraja, mendongkrak perekonomian warga, serta mempromosikan lagu dan budaya daerah Toraja.

"Tujuannya meningkatkan minat dan bakat dari pemuda yang ada di Toraja Utara ini, dan memotivasi (pemuda) yang ada disini untuk tetap hidup produktif dan berkembang ke depannya," kata Rais seusai kegiatan di Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sabtu (6/5/2023) malam.

Rais mengatakan, lomba menyanyi lagu daerah diikuti puluhan pemuda. Namun yang ditampilkan dalam acara puncak merupakan tiga finalis, yaitu Tambang Sarrin (juara 1), Erwin Bato (juara 2), dan Habel (juara 3).

Para pemenang itu mendapatkan penghargaan dari para relawan. Ketiga finalis membawakan lagu daerah Toraja, seperti lagu berjudul To Manglaa, Langkan Maega, dan E Tondokku.

Sementara talk show membahas tantangan dan peluang dalam pengembangan pemuda terutama peluang usaha. Narasumber yang dihadirkan Dr Elim Lolodatu. "Kami juga hadirkan pemutaran film karya produser lokal. Filmnya tentang daerah Toraja," ungkapnya.

Rais menyatakan, festival ini turut melibatkan UMKM untuk memberikan platform bagi para pelaku usaha, memperkenalkan produk-produk mereka dan meningkatkan penjualannya. "Kami memberikan suatu ruang yang bisa meningkatkan perekonomian UMKM disini," imbuhnya.

OMG Sulsel akan terus menghadirkan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya pemuda. Selain itu, OGM terus menggalang dukungan untuk Ganjar Pranowo Presiden 2024.

Acara ini disambut baik dan antusias masyarakat, khususnya pemuda yang datang. Salah satu peserta, Meshya menyatakan festival ini bermanfaat bagi para pemuda karena menghadirkan peningkatan intelektual.

Meshya juga memuji Ganjar sebagai pemimpin yang selalu turun ke lapangan dalam menyelesaikan masalah warga. "Beliau baik orangnya, ramah, mau terjun turun langsung ke masyarakat. Sehat selalu bapak, semoga bisa lebih baik lagi ke depannya," katanya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2072 seconds (0.1#10.140)