Cara Mensos Tangani Bencana Banjir

Senin, 29 Februari 2016 - 20:54 WIB
Cara Mensos Tangani Bencana Banjir
Cara Mensos Tangani Bencana Banjir
A A A
JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengunjungi korban banjir di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Dalam kunjungan itu, Khofifah menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga terdampak banjir.

"Ada juga selimut dan matras untuk para korban banjir di sini," kata Khofifah saat meninjau posko korban banjir di Sampang, Senin (29/2/2016).

Tiap tahun, wilayah Sampang memang menjadi langganan banjir. Secara geografis, kawasan Sampang memang lebih rendah jika dibandingkan wilayah sekitarnya.

Karenanya Khofifah juga menyerahkan bantuan satu unit mobil dapur umum lapangan dan dua unit sepeda motor untuk petugas penanggulangan bencana alam di Kabupaten Sampang.

Menurutnya, ketiga unit kendaraan itu sangat dibutuhkan oleh daerah yang sering dilanda banjir seperti Sampang itu.

"Ini untuk membantu petugas dalam membantu tugas-tugas penanggulangan bencana di Kota Sampang ini," kata Khofifah.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang Wisnu Hartono mengatakan, banjir yang melanda Kota Sampang ini merendam ribuan rumah di 13 desa di wilayah tersebut.

"Ada 11.468 keluarga atau 34.225 jiwa terdampak langsung. Aktivitas ekonomi Sampang lumpuh," kata Hartono saat memberikan paparan kepada Menteri Sosial.

Banjir yang melanda Kota Sampang sejak Jumat 26 Februari lalu, hari ini sudah mulai surut. Warga-warga di pusat kota Sampang mulai membersihkan rumah dan perabotan rumah tangga yang beberapa hari sebelumnya terendam banjir.

Namun demikian, warga diimbau agar tetap waspada dengan curah hujan tinggi di wilayah Madura yang menjadi salah satu penyebab utama banjir di Sampang.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5567 seconds (0.1#10.140)