alexa snippet

10 Acara Adat Masyarakat Indonesia

10 Acara Adat Masyarakat Indonesia
Desa Wae Rebo (Ist)
A+ A-
BANYAKNYA suku di Indonesia ternyata menghasilkan tradisi-tradisi yang beragam juga. Bahkan, beberapa di antaranya memiliki tradisi sangat unik karena tidak biasa dilakukan oleh orang-orang pada umumnya.

1. Tradisi potong jari Suku Dani, Papua

10 Acara Adat Masyarakat Indonesia

Suku Dani akan memotong jari mereka bila ada salah satu anggota keluarga yang meninggal. Bagi suku Dani, jari diartikan sebagai simbol kerukunan, kekuatan, dan persatuan dalam diri manusia maupun sebuah keluarga. Kehilangan salah satu ruas jari dapat mengakibatkan tangan tidak bekerja dengan maksimal. Begitu juga dengan sebuah keluarga yang ditinggalkan salah satu anggotanya.


2. Tradisi telinga panjang Suku Dayak, Kalimantan

10 Acara Adat Masyarakat Indonesia

Pemanjangan cuping telinga dilakukan sejak bayi. Hal ini biasanya dikaitkan dengan tingkatan sosial seseorang dalam masyarakat Dayak. Misalnya, bagi Suku Dayak Kayan, telinga cuping panjang menunjukkan bahwa orang itu berasal dari bangsawan. Bila perempuan yang memiliki telinga cuping panjang menandakan seorang bangsawan atau budak karena kalah perang atau tidak mampu membayar utang.


3. Tradisi berjalan kaki Suku Baduy, Banten

10 Acara Adat Masyarakat Indonesia

Suku Baduy terbagi menjadi dua yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar. Baduy. Salah satu tradisi unik yang terdapat pada Suku Baduy Dalam adalah adanya pantangan untuk memakai alas kaki ataupun menaiki kendaraan. Jadi, masyarakat dari suku ini selalu berjalan dengan kaki telanjang untuk mencapai tujuannya. Bila aturan ini dilanggar, orang itu akan diusir dan diharuskan meninggalkan wilayah Suku Baduy Dalam.

4. Tradisi mengasingkan perempuan hamil Suku Naulu, Maluku

10 Acara Adat Masyarakat Indonesia

Perempuan hamil biasanya mendapat perhatian lebih, terutama dari suami. Namun, hal ini ternyata tidak berlaku di Suku Naulu, Maluku. Suku ini memiliki tradisi pengasingan perempuan hamil yang disebut Penamou. Perempuan hamil akan diasingkan di sebuah gubuk kecil berukuran 2 x 2 m yang dilengkapi sebuah tempat tidur. Gubuk ini hanya boleh dikunjungi sesama kaum hawa hingga perempuan hamil yang berada didalamnya melahirkan.

5. Tradisi mengganti pakaian mayat di Tana Toraja, Sulawesi Selatan

dibaca 15.898x
halaman ke-1 dari 4
loading gif
Top