Elektabilitas Prabowo Kian Meroket dalam 2 Bulan Terakhir di Survei Indikator

Minggu, 30 April 2023 - 18:49 WIB
loading...
Elektabilitas Prabowo Kian Meroket dalam 2 Bulan Terakhir di Survei Indikator
Elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kian meroket dalam dua bulan terakhir berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terkait elektabilitas tren tiga nama calon presiden (capres) 2024 di antaranya Prabowo Subianto , Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan secara virtual, Minggu (30/4/2023). Nama Prabowo semakin meroket dalam kurun waktu dua bulan terakhir dibandingkan dengan Ganjar dan Anies.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi memaparkan bahwa alasan tren Prabowo meningkat lantaran faktor approval rating Presiden Jokowi mencapai 78,5%.

Prabowo, menurut dia, adalah pihak yang sangat diuntungkan dengan kenaikan tingkat kepuasan kinerja Jokowi yang naik dari Maret 73,1% menjadi 78,5% pada April 2023. “Ini kabar baik buat Pak Prabowo. Dia naik terus,” jelasnya.





Diketahui, dalam tiga nama calon presiden 2024 suara Ganjar memang masih tertinggi mencapai 34%, kemudian disusul Prabowo 31,7%, dan Anies 25,2%. Akan tetapi, menurut Burhanuddin ketiga nama tersebut jika dilakukan pemilihan pilpres saat ini belum ada yang bisa menang dalam satu putaran.

“Kita harus menunggu lebih sabar karena masih ada 10 bulan ke depan. Polanya semua konsisten ya. Ganjar turun. Anies turun. Prabowo naik," tuturnya.

Hasil survei merilis grafik Indikator Politik dalam 6 bulan terakhir, Prabowo 26.3% pada Oktober 2022. Kemudian turun menjadi 23.9% pada November 2022. Lalu, turun pada Februari 2023 menjadi 24,1% naik lagi mencapai 27% pada Maret 2023. Selanjutnya, kembali naik pada April 2023 mencapai 31,7%.

Salah satu peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro memaparkan bahwa Prabowo semakin meroket elektabilitasnya lantaran kinerja positifnya sebagai Menteri Pertahanan. Komunikasi yang terjalin antara Prabowo dengan Jokowi juga cukup baik.

“Dalam dua bulan terakhir, pola dukungan publik terhadap Prabowo cenderung mengikuti pola kepuasan atas kinerja Presiden,” jelas Bawono.

“Keberhasilan Prabowo Subianto menuai dukungan dari sebagian pemilih Presiden Jokowi tidak terlepas dari sokongan-sokongan Presiden dalam berbagai kesempatan, sehingga di mata pemilih Presiden Jokowi dalam dua pemilu terdahulu Prabowo diasosiasikan sebagai bakal calon presiden yang paling direstui Presiden,” kata Bawono.

Temuan survei nasional ini dilakukan selama periode 11-17 April 2023 dengan total sejumlah 1.220 responden. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5111 seconds (0.1#10.140)